BPJS Kesehatan Permudah Pelayanan Melalui Mobile Customer Service

JABAR EKSPRES – Demi mempermudah akses layanan administrasi dan informasi bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Cimahi kembali menghadirkan layanan Mobile Customer Service (MCS).

Layanan tersebut dilakukan di desa-desa di wilayah Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, mulai tanggal 7-23 Juni 2023.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar mengaku, pelayanan Mobile Customer Service dilakukan rutin dan berkala dengan langsung datang ke desa-desa.

”Layanan MCS bertujuan memudahkan masyarakat yang mungkin sulit mengakses layanan ke kantor BPJS Kesehatan karena jarak yang jauh, harus bekerja, atau kondisi lainnya,” terang Cecep.

”Lewat MCS ini, masyarakat cukup datang dengan membawa Kartu Keluarga (KK) untuk kita proses administrasinya,” imbuhnya, Senin (19/06).

Cecep menjelaskan, MCS BPJS Kesehatan Cabang Cimahi hadir di desa Cimareme dan Desa Gadobangkong.

Menurutnya, masyarakat dapat memanfaatkan layanan administrasi Program JKN di MCS berupa pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan seperti penambahan anggota keluarga atau perubahan fasilitas kesehatan, serta layanan informasi.

”Sekarang untuk peserta yang sakit dan mau mengakses layanan di fasilitas kesehatan, baik itu layanan di puskesmas atau di rumah sakit, cukup dengan menunjukkan NIK pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. Tidak perlu harus ada kartu fisik BPJS Kesehatan ataupun fotokopikartu JKN,” ujar Cecep.

Melalui kegiatan MCS, lanjut Cecep, BPJS Kesehatan dapat memberikan informasi mengenai inovasi dalam layanan administrasi, yaitu berupa pemanfaatan KTP sebagai identitas kepesertaan Program JKN.

”MCS merupakan metode yang menjadi salah satu bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat,” terangnya.

”Langkah ini bertujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Ngamprah,” tambahnya.

Dia mengungkapkan, pelayanan MCS dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

”Peserta yang membutuhkan pelayanan administrasi maupun registrasi Aplikasi Mobile JKN bisa datang langsung ke MCS BPJS Kesehatan, nanti akan dilayani oleh petugas kami,” ujar Cecep.

Di wilayah Kantor Cabang Cimahi, kegiatan MCS rutin dilakukan setiap sehari dan berkeliling ke beberapa lokasi kantor desa kantor kecamatan, dan tempat-tempat lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan