ASN Mulai Bisa WFA (Work From Anywhere), Simak Keuntungan WFA di Sini!

JABAR EKSPRES- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan mengadakan uji coba sistem kerja Bekerja Dari Mana Saja (Work From Anywhere/WFA).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyatakan bahwa uji coba sistem kerja tersebut akan dimulai pekan ini khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak berinteraksi langsung dengan publik atau pelayanan publik.

Menurut Ridwan Kamil, sistem kerja WFA ini akan diterapkan secara permanen di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

“Penetapan ini akan berlaku secara permanen untuk ASN yang tidak memiliki interaksi dengan publik atau pelayanan publik, seperti perencana, bagian keuangan, konseptor, penginput data, analis data, dan sejenisnya. Uji coba akan dimulai minggu ini,” tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram-nya pada Selasa, 20 Juni 2023.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan bahwa uji coba dan rencana implementasi sistem kerja WFA telah didahului oleh studi. Selama studi tersebut, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa sistem kerja WFA bagi ASN dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat anggaran APBD untuk transportasi.

“Studi ini telah dilakukan selama satu tahun, dan diperkirakan akan meningkatkan produktivitas kerja ASN serta menghemat anggaran APBD yang biasanya digunakan untuk transportasi dan makanan minuman dinas. Selain itu, mengurangi stres dalam perjalanan dan membantu mengurangi volume kendaraan sehingga potensi kemacetan dapat dikurangi,” jelasnya.

Meskipun demikian, tidak semua ASN dapat menerapkan sistem kerja WFA. Ridwan Kamil menjelaskan bahwa WFA hanya diberikan kepada ASN yang memiliki catatan kerja yang disiplin dan produktif.

“Selain itu, mereka harus mendapatkan persetujuan dari atasan dan meningkatkan KPI kerja,” tambahnya.

Keuntungan WFA

Work From Anywhere (WFA), atau bekerja dari mana saja, adalah konsep di mana seseorang dapat melakukan pekerjaan mereka dari lokasi yang berbeda-beda, bukan hanya di kantor fisik. Berikut adalah beberapa kelebihan dari model kerja ini:

 

Fleksibilitas Lokasi

Salah satu kelebihan utama dari WFA adalah kemampuan untuk bekerja dari mana saja. Karyawan dapat bekerja dari rumah, kafe, ruang coworking, atau bahkan saat bepergian. Ini memberikan kebebasan dan fleksibilitas yang besar, memungkinkan individu untuk memilih lingkungan kerja yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan