14 Ribuan Orang Berebut Loker di Job Fair, Kiara Artha Park Banjir Manusia

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Kondisi Taman Kiara Artha Park Selasa (20/6) berbeda dari biasanya. Ribuan orang nampak mengantre untuk mencari pekerjaan dalam acara Job Fair di taman yang ada di Kecamatan Batununggal itu.

Antrean orang dalam Job Fair yang digelar Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung itu cukup panjang. Antrean mengular hampir setengah lintasan dari jalan yang biasa jadi arena olah raga di taman tersebut.

Tidak hanya di luar gedung, kepadatan juga nampak di dalam gedung yang berisi stand – stand perusahaan penerima tenaga kerja. Mereka ada yang mengambil formulir, bertanya, hingga menitipkan CV. “Ini baru lulus SMK, jadi sedang usaha cari kerja,” terang Ervina, salah satu pencari kerja.

BACA JUGA: Pasar Kreatif Bandung Digelar Lagi, Catat Jadwal dan Lokasinya!

Yudha, salah satu pencari kerja lain menambahkan, ia sengaja datang dari Ujungberung untuk mencari peruntungan agar bisa diterima kerja di job fair tersebut. “Tadi masukkan CV ke dua perusahaan. Cari bidang farmasi,” jelasnya.

Suasana Job Fair di Kiara Artha Park
Suasana Job Fair di Kiara Artha Park yang penuh sesak (20/6). (Foto: Hendrik Muchlison/JE)

BACA JUGA: Hampir 12 Ribu Pelamar Hadiri Job Fair Kota Bandung

Kepala Disnaker Kota Bandung Andri Darusman mengungkapkan, total ada 44 perusahaan yang tengah bergabung dalam Job Fair yang digelar 20 – 21 Juni itu. “Ada beragam perusahaan dari perdagangan, ritel, industri pengolahan, hingga jasa keuangan,” terangnya.

Andri melanjutkan, dari barcode pendaftaran yang ada, sudah tercatat hampir mencapai 14 ribu orang antusias dalam job fair tersebut. “Tujuan kami memang memfasilitasi para pencari kerja,” imbuhnya.

Andri menambahkan, Job Fair itu menjadi salah satu langkah untuk menekan pengangguran di Kota Bandung. Diharapkan 50 persen atau sekitar 2.300 warga Bandung bisa terserap dalam acara itu.

BACA JUGA: Nilai Tukar Petani Jawa Barat Naik Tipis

Pengalaman tahun sebelumnya, dari Job Fair yang juga telah dilakukan berhasil menampung 59 persen warga Kota Bandung dalam kuota lapangan pekerjaan yang tersedia.

Diketahui, angka pengangguran Kota Bandung juga masih perlu perhatian serius. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Bandung, tercatat angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Agustus 2022 ada di 9,55 persen. Angka itu masih menempatkan Kota Bandung di 10 besar TPT di Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan