Wujudkan Energi Berkeadilan, Dua Ribu Lebih Rumah di KBB Dapat Listrik PLN Gratis

JABAR EKSPRES –Pemerintah bersama DPR dan PT PLN (Persero) bersinergi mewujudkan energi berkeadilan dengan menyalurkan sambungan listrik gratis.

Melalui program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) dari PLN sedikitnya 2.129 keluarga tidak mampu di Bandung Barat menerima program BPBL tersebut.

BPBL adalah salah satu bentuk dukungan dari PLN terhadap program pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi  (RE).

Sabtu 17 Juni 2023, bertempat di Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, PT PLN melalui UID Jabar melakukan penyalaan pertama di rumah warga penerima bantuan.

Juariah, salah satu penerima bantuan sambungan listrik mengucapkan syukur atas bantuan listrik yang diterima dari program BPBL tersebut .

Alhamdulillah kami akhirnya bisa menikmati listrik atas nama kami sendiri secara gratis dari pemerintah. Sebelumnya kami hanya bisa menyambung listrik dari saudara yang kebetulan letaknya dekat dengan rumah kami,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI Rian Firmansyah berterima kasih kepada pihak PLN yang telah merealisasikan program meningkatkan rasio elektrifikasi  (RE) melalui bantuan BPBL.

”Melalui kolaborasi berbagai pihak salah satunya PT PLN (Persero) UID Jawa Barat melalui program BPBL-nya memberikan bantuan di Desa Cikahuripan,” bebernya.

”Program ini pada dasarnya merupakan salah satu aspirasi dari masyarakat. Kami berterima kasih salah satunya kepada PLN yang telah bermitra bersama pemerintah untuk ini,” imbuhnya.

Kementerian ESDM melalui Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Wanhar menyampaikan, tujuan utama dari dukungan pemerintah terhadap program BPBL adalah bisa mengakselerasi pencapaian rasio elektrifikasi di Indonesia.

”Melalui program ini, mudah-mudahan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Bandung Barat ini,” terang Wanhar.

Ahmad Fauzan selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat mengatakan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi inisiatif yang disampaikan terkait program BPBL bagi warga masyarakat tidak mampu di Kabupaten Bandung Barat.

”Kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder dan pemerintah yang telah memberikan bantuan bagi masyarakat Kabupaten Bandung Barat, kami berharap akan lebih banyak lagi program-program yang lebih banyak memberikan manfaat dan bisa membuat Bandung Barat menjadi lebih terang lagi,” bebernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan