Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar: Review Lengkap, Operasional, Tiket Masuk, dan Akses!

JABAR EKSPRES – Galeri Rasulullah merupakan fasilitas baru yang tersedia di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung. Di sini, pelancong dapat menambah wawasan seputar perkembangan agama Islam, bahkan di Jawa Barat.

Sejumlah diorama kehidupan sosial masyarakat di Timur Tengah pada masa penyiaran Islam terpampang di galeri ini. Yang menjadi daya tarik di sini adalah pelancong dapat mengetahui beragam informasi hanya dengan satu kali tekan. Ada sebuah layar dengan teknologi visual dan cahaya yang memikat untuk pelancong mengakses informasi tersebut.

Pada 27 Maret yang lalu, Galeri Rasulullah yang terletak di Masjid Raya Al Jabbar, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung telah diresmikan. Di sini, terdapat 15 ruangan dengan tema yang berbeda di setiap ruangnya.

BACA JUGA: The Lodge Woodland Maribaya, Sensasi Wisata Bak Cappadocia

Di setiap ruangan nantinya akan menampilkan kisah yang beragam, mulai dari pengenalan, bangsa Arab sebelum Islam, Islam periode Makkah, Islam periode Madinah, hingga masuknya Islam ke Jawa Barat.

Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar.
Pemandangan interior Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar. (Foto: Pemkot Bandung)

Selain menampilkan penjelasan melalui cahaya visual, galeri ini juga menampilkan deskripsi dari cahaya visual tersebut. Hal ini dapat memudahkan setiap pelancong dalam memahami informasi yang diberikan.

BACA JUGA: Si Anak Rewel Minta Healing? Ajak ke Jendela Alam Bandung Aja!

Tidak hanya soal penjelasan sejarah, di sini juga memperlihatkan perabotan tiruan serta zirah perang di masa Rasulullah SAW. yang tersimpan dengan rapi.

Edian Rudiana, Manajer Operasional Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar mengatakan bahwa beragam teknologi canggih yang ada di sini dimaksudkan untuk menarik orang-orang agar berkunjung dan mempelajari sejarah dan perkembangan Islam di seluruh dunia.

“Kami berharap dengan adanya Galeri Rasulullah ini dapat menjadi ruang edukasi bagi pengunjung. Sekitar 70 persennya disematkan teknologi canggih agar semakin menarik untuk dilihat dan dipelajari,” kata Edian Rudiana.

Salah satu teknologi canggih yang dimaksudkan adalah interactive touch read. Teknologi ini memungkinkan pelancong untuk mengakses semua hal informasi yang ingin diketahui hanya dengan satu sentuhan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan