Begini Cara DLH Jabar Kelola Air Lindi TPAS Sarimukti

BANDUNG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat saat ini tengah berusaha keras untuk melakukan pembenahan air lindi yang dihasilkan oleh sampah yang ada di TPAS Sarimukti.

Kepala DLH Jabar Prima Mayaningtias mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya untuk mengurangi air lindi yang dihasilkan oleh TPAS Sarimukti agar tidak mencemari sungai.

‘’Ini untuk program jangka pendek yang dilakukan untuk mengurangi air lindi yang masuk ke Sungai Ciganas dan Sungai Cipanauan,’’ kata Prima dalam keterangannya.

Salah satu upaya yang dilakukan DLH Jabar adalah dengan membuat instalasi Pengolahan Leachate (IPL). Sehingga air lindi dapat ditampung terlebih dahulu.

IPL ini merupakan tempat pengelolaan air lindi yang nantinya sebelum dibuang air lindi harus sudah memenuhi standar bahan baku mutu.

Untuk penambahan daya tampung pihaknya juga akan penambahan aktivator pada kolam stabilisasi, dan melakukan pengurasan kolam anaerobik dan aerobik.

‘’DLH juga akan melakukan perbaikan posisi pipa dan pompa blower, perbaikan mesin aerator dan blower, pengadaan mesin surface aerator, dan penggantian media filtrasi,’’ kata dia.

Dia mengharapkan, pemerintah Kabupaten/Kota dapat meningkatkan upaya pengurangan sampah dari sumbernya sehingga dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPK Sarimukti.

Selain itu agar mengurangi biaya pengangkutan perlu upaya partisipasi masyarakat dalam pemilahan dan pengolahan sampah sejak dari sumbernya.

Prima mengatakan, pada tahap awal, air lindi masuk ke dalam Instalasi Pengolahan Leachate (IPL).

Kemudian secara gravitasi dengan sistem konvensional secara biologis dimulai dari kolam stabilisasi.

Lebih lanjut prosesnya dialirkan ke kolam anaerobik, setelah itu dialirkan ke kolam aerobik 1 dan 2 dengan penambahan oksigen menggunakan blower dan aerator.

Setelah itu dilanjutkan ke kolam sedimentasi dan kolam filtrasi (land treatment) dan berakhir pada unit cascade sebagai unit pengolahahan secara fisik sebelum air lindi dialirkan ke badan air penerima.

Menurutnya, pada Anggaran 2021 telah diselesaikan Pekerjaan Peningkatan IPL TPK Sarimukti yaitu dengan memperbaiki kolam anaerobik dan kolam aerobik.

Selain itu untuk menambah unit pengolahan biologi-kimia yaitu unit koagulasi-flokulasi, unit sedimentasi, unit dissolved air flotation (DAF) dan unit filtrasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan