Selidiki Dugaan Kasus Korupsi Kementan Seret Syahrul Yasin Limpo? KPK: Tak Targetkan Menteri

JABAR EKSPRES – Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri menegaskan bahwa penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan), bukan terhadap Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Sebelumnya, Ali Fikri membenarkan bahwa KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan saksi terkait dugaan kasus korupsi di Kementan yang menyeret nama Syahrul Yasin Limpo.

Lebih lanjut, Ali Fikri juga mengatakan bahwa KOP sudah memiliki bahan kwterangan sebagai calon baran bukti terkait dugaan kasus korupsi di Kementan yang menyerey nama Syahrul Yasin Limpo tersebut.

BACA JUGA: Syahrul Yasin Limpo Bakal Susul Jhonny G Plate, Jadi Menteri NasDem Tersangka Korupsi?

“Saya kira jumlahnya puluhan sudah dimintai keterangan, kemudian KPK juga sudah memiliki bahan keterangan sebagai calon barang bukti,” kata Ali Fikri.

Ali Fikri juga sempat mengatakan bahwa KPK kini tengah fokus mengumpulkan keterangan para saksi.

Setelah seluruh keterangan saksi dinyatakan lengkap, katanya, tim penyelidik KPK akan menyimpulkan apakah perkara tersebut layak dilanjutkan proses hukumnya.

“Berikutnya, saya kira kami akan tentukan sikap setelah para pihak yang diundang itu seluruhnya hadir dan cukup kami dapat ambil kesimpulan beberapa hal pada proses-proses penyelidikan,” lanjutnya.

Kembali ia menegaskan bahwa KPK tidak menargetkan Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam penyelidikan dugaan kasus korupsi di Kementan.

“Saya perlu garisbawahi, di Kementerian Pertanian begitu ya, supaya tidak ada salah paham ataupun paham-nya yang salah.

Karena kami membaca di pemberitaan ada pihak-pihak tertentu yang sengaja kemudian seolah-olah KPK menargetkan seorang Menteri kan begitu, ataupun dikaitkan dengan politik,” katanya menegaskan, dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Jumat, 16 Juni 2023.

Kemudian, Ali Fikri juga mengungkapkan penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementan dimulai sekira di awal 2023.

Ali Fikri juga membenarkan bahwa Syahrul Yasin Limpo diundang pihaknya hari ini Jumat, 16 Juni 2023.

Undangan KPK terhadap Mentan Syahrul Yasin Limpo yakni terkait dugaan korupsi di Kementan)

Sebelumnya, nama Syahrul Yasin Limpo terseret dalam dugaan kasus korupsi di Kementan, bahkan ia disebut-sebut tengah dibidik oleh KPK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan