Pendaftaran SMA Swasta Diminati, Berani Pasang Biaya Lebih Mahal Tapi Jaminan Kualitas

JABAR EKSPRES – Sejumlah SMA Swasta di Kota Bandung jadi rujukan alternatif tempat belajar di tahun ajaran baru. Salah satunya SMA Unggulan Darul Hikam Kota Bandung.

Sekolah di Jalan Supratman itu berani pasang tarif biaya pendidikan lebih tinggi, tetapi dengan jaminan kualitas pendidikan dan output siswa. Biaya pendidikan SMA itu di Penerimaan Siswa Baru (PSB) gelombang ketiga ini mencapai total Rp 37,9 juta.

Baca Juga: Indonesia Digital Learning, Dukungan Telkom Demi Akselerasi Peningkatan Kualitas Guru

Dana pendidikan itu terdiri dari dana pengembangan Rp 31 juta, SPP Juli 2023 Rp 1,8 juta, kesiswaan Rp 2,3 juta, buku Rp 1,3 juta dan seragam Rp 1,4 juta. “Dari biaya itu siswa dapat fasilitas catering makan siang,” terang Novita, Markom SMA Unggulan Darul Hikam.

Novita melanjutkan, biaya pendidikan di sekolah ini memang bisa dibilang lebih mahal dibanding beberapa sekolah swasta lain. Tetapi dengan biaya yang juga sudah terinci itu sekolah menjamin kualitas pendidikan yang akan dilaksanakan. Sehingga lulusan siswa yang dihasilkan juga akan lebih berkualitas. “Ada unggulan pendidikan soft skill dan karakter. Lulusan dari kami juga banyak yang keterima Perguruan Tinggi Negeri,” tuturnya kepada Jabar Ekspres, Kamis, 15 Juni 2023.

Novita menjabarkan, dalam PSB tahun ini SMA Unggulan Darul Hikam membuka 75 kuota siswa baru. Pendaftaran juga telah dibuka dari gelombang satu sejak Oktober lalu.

Saat ini masih tersisa PSB gelombang ke tiga yang bakal berakhir pada 23 Juni nanti. “Peminat banyak, sebenarnya sudah penuh sejak gelombang dua lalu. Tapi biasanya kami buka lagi untuk cadangan ketika ada siswa yang beralih mendaftar ke SMA negeri,” cetusnya.

Selain jalur reguler, SMA Unggulan Darul Hikam juga menyediakan jalur prestasi. Itu untuk menampung para calon siswa didik yang berprestasi.

Bahkan sekolah juga menyediakan beasiswa bagi siswa yang memang mumpuni. Dengan beasiswa itu siswa gratis mengenyam pendidikan di SMA Unggulan Darul Hikam.

Baca Juga: Tak hanya Fasilitasi, SMA Pasundan 1 Bandung Dukung Penuh Siswa-Siswi Berprestasi Pada PPDB 2023

Dalam PSB, baik siswa yang menempuh jalur reguler ataupun prestasi akan mengikuti tes yang dilaksanakan sekolah. Tes meliputi akademik, wawancara dan kemampuan Al Quran.

Tinggalkan Balasan