Potensi Esports di Jawa Barat! Indonesia Berhasil Dapat Mendali

JABAR EKSPRES – Esports menjadi cabang olahraga yang prospektif di Provinsi Jawa Barat, demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja. Kesuksesan Indonesia sebagai juara umum cabang olahraga esports di SEA Games Kamboja menjadi bukti bahwa esports memiliki potensi sebagai olahraga prestasi. Indonesia berhasil meraih tiga medali emas dan dua medali perak dari cabang olahraga ini.

Menurut Setiawan, Esports Piala Gubernur Jabar merupakan salah satu upaya untuk mencari atlet esports potensial dari Jawa Barat. Tidak hanya itu karena perlunya memperkuat infrastruktur, pembinaan, agar kompetisi menjadi optimal sebagai atlet dalam esports dari berbagai wilayah di Jawa Barat.

Baca Juga: Keseruan dalam Dunia Game Online Gratis di Platform Steam!

Setiawan juga menekankan pentingnya memperluas infrastruktur terkait internet dan sejenisnya hingga ke tingkat desa, bukan hanya terbatas pada perkotaan. Hal ini diperlukan agar lebih banyak atlet esports bermunculan dari berbagai level dan kompetisi dapat dilakukan di berbagai tingkatan.

Ketua KONI Jawa Barat, Muhammad Budiana, juga mengungkapkan bahwa Piala Gubernur Jabar menjadi ajang untuk mencari atlet di Jawa Barat dalam persiapan menghadapi PON tahun depan. Sebelum PON, akan ada Pelatda BK, dan awal tahun depan KONI Jawa Barat juga akan melaksanakan Pelatda PON. Oleh karena itu, Piala Gubernur Jabar akan dimanfaatkan sebagai seleksi atlet, dan Budiana mengajak para atlet untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin demi meraih prestasi yang tinggi.

Dalam laporan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat, Asep Sukmana, disebutkan bahwa minat masyarakat untuk mengikuti Esports Piala Gubernur Jabar sangat besar. Melansir dari berbagai sumber, sekitar 3.900 kontestan dan 656 team yang mengukuti kejuaraan esports di antaranya FIFA, PUBG Mobile, dan juga Mobile Legend.

Baca Juga: Petualangan Ngeri! Urutan Game Resident Evil di PlayStation 1

Tahun ini, total hadiah yang disediakan mencapai Rp385 juta untuk lima kategori. Piala Gubernur Jabar juga diikuti oleh tujuh provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, serta beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan