Kuota SMP Negeri Tak Mencukupi!

JABAR EKSPRES – Jumlah daya tampung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Cimahi samgat terbatas. Alhasil, siswa lulusan Sekolah Dasar (SD) tidak akan tertampung pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023.

“Tahun ini jumlah lulusan SD diperkirakan mencapai 9 ribu orang, sedangkan untuk daya tampung PPDB SMP Negeri di Kota Cimahi sekitar 4 ribu orang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono.

Baca Juga: Tak hanya Fasilitasi, SMA Pasundan 1 Bandung Dukung Penuh Siswa-Siswi Berprestasi Pada PPDB 2023

Ia merinci, siswa lulusan SD negeri dan swasta sebanyak 8.300 orang. Ditambah lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 700 orang. “Jadi yang tertampung di SMP negeri itu sekitar 44 persen dari lulusan,” katanya.

la menambahkan, bagia siswa lulusan SD yang tidak tertampung di SMP negeri, bisa mendaftar ke SMP swasta atau MTs negeri. Hal itu sebagai solusi dari banyaknya jumlah siswa lulusan SD dan terbatasnya jumlah kuota SMP negeri.

“Ada juga yang melanjutkan SMP di luar Kota Cimahi, dan sisanya ada siswa SD yang masuk ke pesantren. Untuk MTs negeri dan swasta yang ada Kota Cimahi bisa menampung 750 sampai dengan 1.000 siswa. Ditambah SMP swasta, itu akan cukup untuk menampung semua lulusan SD dan MI,” katanya.

Dalam dua tahun terakhir, tambah Harjono, ada beberapa lulusan SD yang memilih untuk masuk pesantren bahkan jumlahnya cukup banyak.

Baca Juga: Kekhawatiran Sekolah Swasta, Pada PPDB 2023 yang Masih Sepi!

“Sehingga jalur itu bisa menjadi opsi bagi orang tua yang tidak kebagian kuota negeri untuk anak-anaknya,” katanya.

Diketahui, PPDB di Kota Cimahi untuk jenjang SMP sudah dimulai untuk jalur afirmasi, jalur prestasi akademik, dan non akademik serta jalur perpindahan orangtua sejak 14 Juni 2023, sedangkan untuk tahap kedua akan dibuka pada tanggal 26-30 Juni 2023. (MG6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan