Viral Video Rusa Sedang Makan Ular, Bagaimana Bisa?

JABAREKSPRES – Video yang menunjukkan seekor rusa makan ular telah menjadi perbincangan di media sosial.

Seorang pengguna Twitter mengunggah video tersebut yang menampilkan tubuh ular menjuntai dari mulut rusa yang sedang mengunyah.

Hal ini membuat warganet mempertanyakan mengapa rusa memakan ular, padahal seharusnya mereka hanya memakan rumput.

Salah satu warganet memberikan penjelasan bahwa rusa, meskipun hewan herbivora, dapat memakan daging dalam beberapa kasus karena kekurangan bahan nabati atau kebutuhan nutrisi yang kurang.

Namun, menurut penjelasan dari pakar satwa liar, Dr. Boedi Setiawan MP Drh dari Universitas Airlangga (Unair), video tersebut memberikan kesan bahwa rusa memakan ular.

Namun, kemungkinan rusa tersebut digigit oleh ular saat sedang makan. Secara ilmiah, rusa adalah herbivora yang hanya memakan tumbuhan dan tidak memakan daging.

Rusa berusaha melepaskan gigitan ular tersebut dengan mengunyah-ngunyah, yang merupakan gerakan ruminasi.

Boedi menjelaskan bahwa cuplikan video tersebut belum memberikan gambaran yang jelas, dan lebih banyak informasi diperlukan untuk memahami kejadian tersebut.

BACA JUGA: Video Viral Segerombolan Remaja Cimahi Ugal-Ugalan, Begini Akhirnya!

Boedi menegaskan bahwa rusa tidak mungkin makan ular. Meskipun gigi rusa kuat untuk mengunyah tumbuhan, fungsinya bukan untuk memakan daging.

Meskipun dalam beberapa kasus di dunia ini mungkin terjadi hal-hal di luar perkiraan. Dalam video tersebut, rusa yang memakan ular dapat menghadapi bahaya jika ular yang dikunyah memiliki bisa.

Namun, jika ukuran ular kecil dan tidak berbisa, rusa bisa membunuh ular dengan kekuatan rahangnya.

Boedi juga menjelaskan bahwa rusa dapat melawan ular yang menggigitnya dengan menggigit tubuh ular sebagai upaya pertahanan.

Banyak orang memahami bahwa rusa adalah hewan herbivora yang hanya memakan tumbuhan.

Namun, melihat video tersebut, netizen mempertanyakan apakah rantai makanan telah mengalami perubahan saat ini. Perubahan dalam rantai makanan atau perilaku makan hewan bisa terjadi dalam beberapa situasi.

Dalam kasus ini, video yang menunjukkan rusa memakan ular memancing perdebatan dan kebingungan di kalangan netizen.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah apakah tindakan rusa ini merupakan perilaku normal ataukah merupakan kejadian yang jarang terjadi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan