PPDB SMA, SMK, SLB Jabar Tahap 1 Berjalan Lancar

BANDUNGPendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahap 1 berjalan lacar.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya mengungkapkan, untuk tahap 1 ini, sistem pelayanan PPDB berjalan cukup lancar. “Secara umum, PPDB tahap 1 berjalan lancar. Hanya, ada jeda ketika proses update versi dari aplikasi, namun hal tersebut dapat segera ditangani,” ungkap Kadisdik, Selasa 13 Juni 2023.

Kendala terkait pendaftaran yang banyak dialami oleh pendaftar, menurut Kadisdik, adalah perubahan kartu keluarga (KK) yang belum update sehingga pendaftar harus ke Disdukcapil untuk proses tersebut.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami bekerja sama dengan Disdukcapil mendatangkan mobil layanan ke tempat informasi dan pengaduan di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat,” tuturnya.

Kadisdik menjelaskan, setiap tahun sistem PPDB di Jabar terus dibenahi sesuai evaluasi yang dilakukan. “Sehingga, kekurangan di tahun-tahun sebelumnya kami perbaiki di tahun ini untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat,” jelasnya.

Untuk permasalahan dan pengaduan, pihaknya menyediakan kanal pengaduan resmi secara online dan offline. “Hingga saat ini, jumlah pengaduan yang masuk secara offline sebanyak 178 dan online (916). Alhamdulillah, ini juga sudah tertangani dengan baik,” ungkapnya.

Meski pendaftaran dilakukan secara daring, tambahnya, namun satuan pendidikan tetap melayani calon pendaftar yang memiliki kendala. Mulai dari informasi PPDB, kesulitan sinyal hingga keterbatasan perangkat.

Kadisdik pun mengapresiasi pelayanan PPDB di semua satuan pendidikan di Jawa Barat. “Semoga, pendaftaran PPDB di tahap 2 juga berjalan lancar hingga proses daftar ulang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SMAN 2 Cimahi, Uus Suhara menegaskan, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan informasi dan mekanisme pendaftaran PPDB 2023.

Apresiasi juga diberikan oleh salah satu calon peserta didik, Meyna Nastiti. Siswa lulusan SMPN 1 Cimahi ini merasakan manfaat pelayanan yang diberikan oleh satuan pendidikan saat dirinya mendaftar online yang dibantu perangkat di sekolah tujuan.

Berdasarkan data yang diterima hingga hari terakhir pendaftaran PPDB tahap 1, pendaftar mencapai 317.880 orang. Dengan rincian, calon peserta didik yang mendaftar ke SMA berjumlah 175.504, SMK 142.027, dan SLB 349 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan