Kapan Ban Mobil Harus Diganti? Ingat, Jangan Sampai Terlewat!

JABAR EKSPRES –  Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil, tentu mengganti ban mobil menjadi suatu keharusan.

Ban menjadi aspek yang penting dalam sebuah kendaraan, maka dari itu, perlu kamu perhatikan kapan waktu yang ideal untuk mengganti ban mobil.

Apabila ban mobil yang kamu miliki sudah aus atau rusak, tentunya akan membahayakan dirimu sebagai pengendara.

Jadi, kapan ban mobil diganti? Ikuti petunjuk dalam artikel ini dan segera terapkan jika sudah waktunya untuk mengganti.

Profil dan Kedalaman Tapak Ban

Periksakan profil dan kedalaman tapak ban secara teratur. Apabila tapak ban sudah terlihat aus dan kedalamannya kurang dari 1,6 mm, berarti sudah waktunya bagi kamu untuk menggantinya.

Kedalaman tapak ban menjadi hal yang penting, karena bisa menjaga daya cengkeram antara ban dengan jalan, terutama ketika berkendara dalam cuaca hujan.

Tapak yang aus dapat mengurangi kemampuan dalam mengeluarkan air dan meningkatkan risiko terjadinya aquaplaning.

Umur Ban

Selanjutnya, kamu wajib memperhatikan umur ban. Ban yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat mengalami penuaan dan penurunan kinerja secara signifikan.

Walaupun tapaknya masih dalam kondisi yang baik, ban dengan umur yang tua bisa menjadi rapuh dan mudah pecah.

Secara umum, ban memiliki umur 5-6 tahun. Namun, kamu wajib periksa petunjuk dari produsen ban untuk mengetahui umur yang direkomendasikan.

Baca juga: Performa Skutik 175 Cc Kalahkan Yamaha Aerox 155, Iritnya Bikin Melongo!

Periksa Kerusakan Fisik

Periksa ban secara visual untuk mencari tanda-tanda kerusakan fisik seperti retakan, benjolan, atau benda tajam yang tertanam.

Kerusakan semacam ini dapat menyebabkan kebocoran atau kerusakan lebih lanjut pada ban. Jika kamu menemukan kerusakan seperti ini, segera ganti ban dengan yang baru.

Tekanan Udara

Pastikan tekanan udara pada ban tetap sesuai dengan rekomendasi dari produsen mobil atau ban.

Tekanan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi kinerja ban dan umurnya. Periksa tekanan ban secara teratur, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh.

Musim dan Kondisi Jalan

Pertimbangkan kondisi jalan dan cuaca saat kamu mengganti ban mobil. Pada musim hujan atau ketika kamu sering berkendara di jalan yang basah, ban dengan tapak yang dalam dan khusus untuk kondisi basah akan memberikan cengkeraman yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan