Di Usia ke-25 Tahun Unigal Menjelma jadi Kampus Konservasi dan Budaya

JABAR EKSPRESUniversitas Galuh (Unigal) menjadi salah satu universitas terbaik di priangan timur. Bahkan seiring dengan konsep Conservation and Culture University, Unigal meraih posisi ke 119 dari berbagai universitas di Indonesia dan luar negeri versi UI green matrix.

Saat ini atau di usai ke-25, Unigal menjelma menjadi kampus konservasi budaya atau Conservation and Culture University. Dimana dalam setiap pelaksanaan pendidikannya selalu berpedoman pada prinsip perlindungan dan pemanfaatan sumber daya alam, lingkungan, serta seni dan budaya.

Konsep ini bertujuan untuk mewujudkan suasana kampus yang mendukung perlindungan dan pemanfaatan lingkungan hidup secara bijaksana melalui pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup.

”Untuk mewujudkan konsep tersebut tidaklah mudah. Tidak bisa diraih dengan sendirinya, tetapi perlu ada dukungan dan keterlibatan seluruh pihak, baik dari pemangku kebijakan, pimpinan dan juga seluruh dosen dan karyawan,” kata Rektor Unigal Prof. Dadi, M.Si dalam sambutannya di acara Dies Natalis Unigal ke-25, Selasa 13 Juni 2023.

Menurutnya, untuk mewujudkan konsep tersebut, seluruh civitas akademika harus berupaya menerapkan setiap nilai-nilai konservasi, sehingga menjadi budaya dalam setiap sendi-sendi kehidupan di lingkungan Universitas Galuh.

”Untuk mendukung terwujudnya Conservation and Culture University, kami terus menggemakan program HIBBER (Hijau Bersih Berkarakter) di lingkungan kampus,” ujarnya.

Dadi pun mengingatkan, jika usia 25 tahun merupakan usia yang sangat matang bagi sebuah lembaga untuk berdiri memperlihatkan jati diri hingga meraih prestasi dari berbagai sisi.

”Tentunya prestasi ini tidak bisa diraih tanpa perjuangan yang gigih. Dengan segala proses yang dijalani Alhamdulillah saat ini Unigal mampu menjelma dan berprestasi sebagai institusi yang turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di negeri ini,” bebernya.

Dari tahun ke tahun, lanjutnya, sivitas akademika Unigal mampu meraih berbagai kemajuan dan prestasi dalam bidang-bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik pada tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Bahkan, saat ini banyak karya cipta Unigal, baik oleh para insan akademik maupun oleh para-alumni yang telah mendapatkan pengakuan dan disegani di kancah nasional. Hal tersebut memperlihatkan jika Unigal lebih besar dan lebih bermakna daripada sebatas sebuah kampus.

Tinggalkan Balasan