Bandung Dihebohkan Dengan Uang 3 Koin Kuno ini Seharga Rp100 Juta, Jika Kamu Punya Auto Kaya!

JABAR EKSPRES – Bisnis uang koin kuno yang sering disebut juga koin jadul ini bisa jadi pilihan yang menarik nih di tengah situasi perekonomian sekarang. Selain risikonya rendah, bisnis ini juga bisa dijalani dengan gampang.

Koin kuno itu punya daya tarik sendiri bagi para kolektor di daerah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Banyak banget kolektor yang rela ngeluarin duit banyak buat dapetin koin kuno impian mereka. Nah, gimana sih koin kuno termahal yang sering banget dicari sama kolektor di Kabupaten Bandung?

Koin kuno itu tuh mata uang dalam bentuk koin yang udah diterbitin puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu. Koin kuno ini laku banget di Kabupaten Bandung karena jarang dan harganya juga tinggi banget.

Bahkan, harganya bisa sampe puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah, loh! Berikut ini contoh koin kuno termahal yang ada di Kabupaten Bandung.

BACA JUGA: Harga Uang Koin Kuno Rp50 Tahun 1971, Nilainya Capai Ratusan Ribu Rupiah!

1. Koin Uang Logam Gambar Kelapa Sawit

di Kabupaten Bandung Koin ini punya gambar kelapa sawit, deh. Di situs resmi Bank Indonesia, dijelasin juga kalau ini koin logam Rp1.000 yang diterbitin tahun 1993. Bahan koinnya tuh Cupro Nikel di bagian luar dan aluminium bronze di bagian dalam.

Beratnya sekitar 8,60 gram, dengan diameter luar 26,00 mm dan diameter dalam 18,00 mm. Warna koin ini kombinasi putih dan kecoklatan. Di bagian depannya ada relief teks “BANK INDONESIA” dan gambar Burung Garuda.

Sisinya bergerigi, dan di bagian belakangnya ada relief teks “Kelapa Sawit” sama gambar pohon kelapa sawit plus angka 1000.

Berdasarkan obervasi OkeTanbu dari e-commerce Tokopedia, nih, koin kuno Rp1.000 bergambar kelapa sawit ini dijual banyak banget di berbagai toko dengan harga yang beragam, mulai dari Rp3.500 sampe Rp5.000 per koin, tergantung kondisinya. Bahkan ada toko yang nawarinnya dengan harga Rp100.000.000 (seratus juta rupiah)!

Salah satu penjualnya yang terkenal di situs jual-beli online Tokopedia namanya Zee Collect. Dia jual koin kuno Rp1.000 bergambar kelapa sawit dengan harga Rp100 juta per keping. Kalo liat penjual lainnya juga ada yang nawarin dengan harga jutaan sampe puluhan juta, nih. Uang logam Rp1.000 yang gambarnya kelapa sawit itu emisinya tahun 1993 dan masih bisa dipake buat bayar-bayar.

Tinggalkan Balasan