Aturan Pakai Masker Dicabut! Eks Pejabat WHO Membocorkan Fakta-fakta Penting yang Harus Kamu Tahu!

JABAR EKSPRES – Pemerintah akhirnya mencabut aturan wajib penggunaan masker. Kabar ini disampaikan oleh Eks Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama, yang juga memberikan empat hal penting yang perlu kita pahami.

Menurut Surat Edaran No.1 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pada Masa Transisi Endemi untuk Mencegah Penularan COVID-19 yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kini kita boleh melepaskan masker saat naik MRT. Prof Tjandra menjelaskan empat hal terkait kebijakan baru ini.

Pertama, keputusan ini menunjukkan bahwa situasi Covid-19 di Indonesia saat ini terkendali dengan baik hingga bulan Juni 2023. Selain itu, WHO juga telah mencabut status darurat Covid-19.

Kedua, banyak negara di luar sana sudah lebih dulu melonggarkan penggunaan masker sebelum Indonesia. “Di berbagai negara, kita bisa melihat bahwa penggunaan masker sudah tidak diwajibkan. Jadi, jika Indonesia mengambil kebijakan serupa, itu bisa dimengerti,” jelas Prof Tjandra dalam keterangannya.

Baca Juga: Dinkes Jabar Minta Masyarakat Jangan Salah Mengartikan Kebijakan Buka Masker

Namun demikian, Prof Tjandra tetap menyarankan agar kita memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker. Selain mencegah Covid-19, masker juga bermanfaat untuk melindungi kita dari dampak polusi udara yang buruk saat ini.

“Jika kamu sedang sakit di saluran pernapasan, apapun jenisnya, sebaiknya tetap pakai masker agar tidak menulari orang lain. Selain itu, jika daerah tempat tinggalmu sedang dilanda polusi udara berat, juga lebih baik pakai masker,” sambung Prof Tjandra dengan santai.

“Selain empat hal yang sudah disebutkan sebelumnya, kita sebenarnya patut bersyukur karena kondisi Covid-19 sudah mereda di seluruh dunia, termasuk di negara kita. Namun, tetaplah menjaga kesehatan dengan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), rutin memeriksa kesehatan, dan jika ada keluhan kesehatan, jangan mengabaikannya. Pola hidup kita harus lebih baik dan lebih sehat mulai dari sekarang hingga masa depan,” tambahnya dengan semangat.

Meskipun aturan penggunaan masker dicabut, namun tetap penting untuk tetap menjaga kesehatan dan kesadaran akan perlunya menjaga kebersihan. Yuk, terapkan perilaku hidup sehat dan jaga kesehatan kita serta orang di sekitar kita!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan