Kesehatan Lansia di Cimahi Jadi Prioritas, 250 Peserta Ikuti Senam Bersama di Technopark

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kesehatan memberikan perhatian pada kelompok lanjut usia (Lansia) agar tetap berdaya di hari tuanya juga dapat menjadi lansia mandiri berpotensi optimal.

Hal tersebut diwujudkan dengan mengadakan kegiatan Senam Bersama dalam rangkaian acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 di area Jogging Track Technopark Cimahi. Kegiatan itu diikuti oleh 250 orang peserta yang terdiri dari unsur OPD, Puskesmas dan Lansia.

BACA JUGA: Soal Pro dan Kontra Revitalisasi Pasar Banjaran, Begini Respon Pihak PT BNP

“HLUN diperingati sebagai momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk meningkatkan upaya kesehatan lansia menuju Lansia Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif (SMART),” kata Penjabat (Pj) Sekda Kota Cimahi, Maria Fitriani, Kamis (8/6/2023).

Peringatan HLUN diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan, kepedulian dan edukasi baik keluarga dan masyarakat dalam upaya kesehatan lansia di seluruh Indonesia.

“Kesehatan lansia menjadi salah satu prioritas penting dalam pembangunan kesehatan di Kota Cimahi,” ungkapnya.

Maria juga menyatakan, kualitas kesehatan dan kemandirian lanjut usia merupakan hal yang sangat penting dan menjadi perhatian pemerintah, sehingga kelompok lanjut usia dapat mandiri dan tidak menjadi beban keluarganya.

Ia berpendapat bahwa lansia pun bisa berdaya guna dalam masyarakat.

“Lansia mandiri berpotensi untuk dioptimalkan, sehingga mereka dapat lebih diberdayakan dalam mempertahankan kemandirian mereka sehingga dapat berkontribusi pada komunitas dan lingkungannya,” tutur Maria optimis.

Menurutnya proses menjadi tua merupakan hal yang alami, bila tidak didampingi dan diberikan pembinaan yang baik akan mengakibatkan para lanjut usia mengalami kemunduran fisik dan mental.

“Oleh karenanya kesehatan merupakan aspek yang sangat penting pada kehidupan lansia sehingga diperlukan upaya menyeluruh serta pembinaan dan pelayanan yang terus menerus,” kata dia.

Pembangunan Kesehatan, terutama pada kelompok lansia diarahkan untuk meningkatkan  kesadaran, kemauan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

“Pembangunan kesehatan merupakan suatu investasi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dan hak asasi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan