Kesehatan Lansia di Cimahi Jadi Prioritas, 250 Peserta Ikuti Senam Bersama di Technopark

Namun demikian, masalah kesehatan lansia tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun perlu dukungan dan kontribusi stakeholder terkait, baik lintas program, lintas sektor, organisasi profesi, dan organisasi kemasyarakatan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta dalam pemeliharaan kesehatan lansia.

“Dalam situasi transisi menuju kondisi ageing population (struktur penduduk tua), pelayanan kesehatan kepada lansia dilakukan mulai dari keluarga. Pelayanan kesehatan dari masyarakat melalui Posyandu Lansia Posbindu, dan pelayanan di sarana pelayanan kesehatan dasar dengan mengembangkan puskesmas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan santun lansia serta pelayanan rujukannya yaitu penyelenggaraan pelayanan geriatri terpadu di rumah sakit,” katanya.

Pemkot Cimahi juga kata dia, berusaha menyediakan pembinaan serta fasilitas yang ramah lansia dan fasilitas untuk kaum disable mengingat proporsi disabilitas pada kelompok ini juga tinggi.

Posbindu yang merupakan wujud nyata dan cerminan kebutuhan masyarakat lanjut usia terhadap pelayanan yang terjangkau, berkelanjutan dan bermutu, telah banyak tersebar di Kota Cimahi.

Saat ini jumlah posbindu yang ada di Kota Cimahi adalah 242 Posbindu. Melalui Posbindu diharapkan para lansia akan dapat mencapai masa tua yang sehat, bahagia, berdaya guna dan produktif selama mungkin.

“Terakhir, saya berharap melalui kepedulian pada kelompok lansia akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Kota Cimahi serta mendukung tercapainya Cimahi sehat sesuai dengan subtema Perayaan Hari Lanjut Usia 2023 yaitu Keluarga Hebat, Caregiver Bersahabat, Lansia SMART,” ujarnya. (MG6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan