Viral Penipuan Apk Voice Note, Jangan Heboh Dulu! Ini Faktanya!

JABAR EKSPRES- Modus penipuan dengan media sosial marak terjadi, seperti yang baru-baru ini akan adanya isu soal penipuan apk voice note yang ramai diperbincangkan di media sosial Twitter.

Perbincangan penipuan apk voice note ini dimulai dari salah satu netizen yang memposting pertanyaan lewat akun menfess.

Netizen tersebut memposting pertanyaannya di akun menfess Twitter @tanyakanrl pada hari Senin 5 Juni 2023.

Ia menanyakan kepada netizen atas dugaan penipuan yang lewat whatsapp menggunakan apk voice note.

“Sekarang modus penipuan bener kah seperti ini guys? aku dapat dari grup keluarga ini,” tulis akun yang memposting pertanyaannya di akun menfess @tanyakanrl.

Di dalam postingan tersebut pengirim juga mengirimkan sebuah screen shoot atau tangkapan layar yang berisi himbauan tentang peniupan.

“Sekarang peniupuan apk makin canggih ya. Sudah pakai voice note. Tapi sebenarnya itu bukan vn,” tulisan yang ada dalam gambar tersebut.

Dalam tangkapan layar tersebut juga memberikan perbedaan antara penipuan apk VN dan VN yang asli dari whatsApp.

“Kalau VN (asli) tanda pananhnya ke kenan, kalau kebawah berarti kita disuruh download,” tulisan yang ada di dalam gambar.

Alfons Tanujaya, seorang pakar keamanan siber dan forensik digital dari Vaksincom, mengatakan bahwa narasi tentang penipuan APK yang menggunakan voice note adalah jenis misinformasi yang tidak jelas.

Menurut Alfons, judul pesan tersebut menyebutkan bahwa ini adalah penipuan APK yang menggunakan voice note, namun gambar yang dilampirkan tidak jelas apakah menunjukkan APK atau unduhan lainnya. Hal ini disampaikannya kepada Kompas.com pada hari Selasa.

Alfons menjelaskan bahwa format file voice note bukanlah APK, melainkan .ogg. Oleh karena itu, dia yakin bahwa tidak akan ada masalah meskipun file APK yang dipalsukan menjadi voice note dengan format .ogg diunduh oleh penerima pesan tersebut.

“Seharusnya tidak ada ancaman yang signifikan karena file APK dianggap sebagai .ogg. Seharusnya tidak menjadi masalah,” jelasnya.

Mengenai ikon tanda panah ke bawah yang muncul pada voice note, Alfons menjelaskan bahwa itu tergantung pada pengaturan di WhatsApp. Jika ikon tanda panah ke bawah muncul, itu berarti WhatsApp tidak secara otomatis mengunduh media voice note tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan