5 Nasi Khas Sunda, Yang Enaknya Kebangetan

JABAREKSPRES – Kuliner khas Sunda memiliki ratusan jenisnya, ada makanan berat juga makanan ringan, ada minuman hingga aneka jajanan. Salah satu yang harus kamu coba saat main ke daerah di Jawa barat adalah aneka nasi khas Sunda yang sudah enak meski tanpa lauk sekalipun.

Beberapa nasi ini merupakan kuliner khas dari satu daerah, misalnya nasi cikur yang berasal dari Garut, atau nasi Jamblang dari Cirebon.

Semuanya berbahan sama yakni dari beras, yang membedakan hanyalah cara pengolahan dan campuran bahannya.

Setidaknya ada lima jenis nasi khas Sunda yang banyak dijual khususnya dirumah makan Sunda.

Berikut 5 nasi khas Sunda lengkap dengan teman lauknya.

1. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan nasi khas Sunda pertama yang paling sering kita jumpai. Orang Sunda sering juga menyebutnya “Sanggu Timbel”

Keunikan nasi timbel adalah dalamhal kemasannya. Nasi timbel berisi nasi putih biasa yang dikemas atau dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus ulang.

Yang membuatnya unik ada bentuk-bentuk bungkusnya yang sangat khas, ada yang digulung sehingga berbentuk bulat panjang, ada yang dibungkus dengan bentuk kerucut dan masih banyak bentuk unik lainnya.

Nasi timbel banyak dijual di Bandung, baik di restoran mahal hingga di pedagang kaki lima pinggir jalan. Banyak pula yang menggunakan nasi timbel sebagai isian nasi box, ini karena nasi timbel sangat praktis dan tidak akan mudah tumpah.

Untuk membuat nasi timbel, biasanya menggunakan beras jenis bagolo dan beras merah campuran, sehingga menghasilkan wangi yang berbeda.

Untuk menikmati nasi timbel biasanya di padukan dengan ikan atau ayam yang goreng atau bakar. Selain itu juga ada tumisan asin sambel serta lalapan. Sehingga kuliner khas Sunda semakin lengkap saat dinikmati.

Dari segi rasanya tidak perlu diragukan lagi, aroma nasi timbel langsung tercium menggoda begitu membuka bungkus daunnya.

2. Nasi Liwet

Nasi liwet khas Sunda sangat berbeda dengan nasi liwet khas Solo, Jika di Solo nasi liwet merupakan satu sajian lengkap nasi beserta lauknya, sementara di Sunda, nasi liwet hanyalah satu menu nasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan