30 Contoh Soal Psikotes Untuk Persiapan Buat Kamu yang Mau Lamar Kerja

JABAR EKSPRES – Buat kamu yang tahun ini wisuda dan lulus dari sekolah maupun bangku kuliah, serta tengah bersiap untuk melamar pekerjaan, kamu harus memiliki persiapan untuk memenuhi semua persyaratannya, salah satunya tes Psikotes. Berikut ada 30 contoh soal Psikotes yang bisa kamu gunakam untuk latihan.

Hingga kini psikotes masih sering digunakan oleh para HRD untuk menjadi salah satu tes dalam rekrutmen pegawai baru. Karenanya, contoh soal Psikotes masih banyak dicari di internet untuk bahan pertimbangan dalam mengadapi seleksi wawancara kerja.

Untuk kamu yang membutuhkan contoh soal Psikotes bisa langsung menyimaknya di artikel ini.

Tes Psikotes dinilai masih sangat relevan digunakan dalam rekrutmen pegawai baru, ini karena hasil dari psikotes ini bisa untuk mengetahui tipe kepribadian dari pelamarnya.

Dengan mengetahui tipe kepribadian pelamar, perusahaan bisa menentukan posisi yang tepat untuk calon pegawai.

Baca juga : Lowongan Kerja BRI 2022 untuk yang Baru Lulus S1 dan S2, Simak Persyaratannya!

Selain itu tes ini juga bisa digunakan untuk mengetahui karakteristik pegawai sehingga mempermudah kerja HRD dalam hal penilaian pegawai kedepannya.

Secara umum psikotes dapat diartikan sebagai serangkaian tes yang dilakukan oleh Psikolog atas permintaan klien dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara utuh tentang aspek-aspek psikologis seseorang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan klien.

Dikutip dari buku Paket Superlengkap Bank Soal Psikotes karya Bagus Triyanto, S.T., M.M. Berikut 30 contoh soal psikotes untuk rekrutmen pegawai, lengkap dengan jawabannya.

Tes Sinonim

Petunjuk soal: Pilihlah salah satu jawaban yang memiliki arti yang sama atau paling tidak mendekati arti kata yang ditulis dengan huruf kapital.

1. JAJAK

A. Bekas tapak kaki

B. Telaah

C. Anjing hutan yang berbulu kuning

D. Menggemburkan tanah

Jawaban: B

2. KARAT

A. Bekas

B. Perwakilan

C. Zat oksidasi

D. Yang dicintai

E. Logam mulia

Jawaban: C

3. KOLONG

A. Papan iklan

B. Rongga di bawah rumah

C. Asrama polisi (militer)

D. Sejenis Binatang

E. Pelaku kejahatan

Jawaban: B

4. ORAL

A. Sejenis obat diare

Tinggalkan Balasan