5 Nasi Khas Sunda, Yang Enaknya Kebangetan

Perbedaan lainnya adalah, nasi liwet khas Solo dimasak menggunakan santan kelapa, sementara di Sunda, Nasi liwet dimasak tanpa santan namun menggunakan aneka bumbu dapur yang lengkap.

Meski masih membutuhkan lauk sebagai teman makan nasi, namun citarasa nasi liwet sesungguhnya sudah sangat lengkap, karena sudah gurih dan wangi.

Nikmatnya nasi liwet karena kombinasi bumbu dan bahan yang digunakannya dimasak secara bersamaan dalam satu panci besar. Ada yang mencampurkannya dengan ikan asin jambal atau peda, ada juga yang memasukkan telor asin, ayam, teri hingga cabai gendot.

Nasi liwet ini sangat familiar untuk acara makan bersama atau di Sunda disebut dengan Botram.

Biasanya lauk untuk menemani makan nasi liwet adalah tumis ikan asin, semur jengkol, ikan atau ayam goreng, sambal dadakan khas sunda juga lalapan.

Menu nasi liwet banyak ditemukan diresto khas Sunda yang disajikan diatas panci khusus, biasanya didasar panci tersebut akan ada kerak nasi liwet yang khas dan banyak dicari pelanggan karena rasanya yang unik.

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan olahan nasi khas Sunda yang berasal dari Tasikmalaya Jawa Barat, yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar.

NAsi tutug oncom enaknya disajikan dalam keadaan hangat-hangat, agar semakin menambah nikmat saat menyantapnya.

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya “menumbuk”.

Nah, proses menumbuk nasi dengan oncom ini, menjadikan penganan ini dikenal dengan nama tutug oncom.

Umumnya nasi tutug oncom disajikan secara komplit, yang terdiri dari lauk pauk berupa ayam goreng dan gepuk.

Serta tidak ketinggalan pula bahan pelengkapnya seperti tahu, tempe, mentimun, serta sambal ulek merah yang wajib hadir pada nasi tutug oncom ini.

Sensasi rasa oncom yang gurih dan sambal yang pedas, serta gurihnya daging ayam, tentunya menambah selera makan bagi setiap penikmatnya.

Selain itu, terdapat pula varian menu nasi tutug oncom lainnya yang tidak kalah enak.

Di antaranya adalah tutug oncom lele, tutug oncom ati ampela, tutug oncom asin peda, dan tutug oncom telor.

Tinggalkan Balasan