Tanpa Wali Kota Bandung, Segini Angka Inflasi!

“Pengalaman pokitis, komunikasi dengan dewan dan sebagainya itu perlu akselerasi,” ujarnya.

Mengingat sejumlah komoditas pangan di pertengahan tahun 2023 ini mulai merangkak naik, Bandung tanpa wali kota Bandung pun cukup jadi bahan pembicaraan warga sebagai faktor meningkatnya harga beberapa kebutuhan pokok.

“Jadi memang dampak kenaikan harga sekarang itu, kalau dianggap sebagai persoalan ekonomi, saya kira lebih banyak karena faktor regulasi dari pusat,” beber Acu.

“Kalau di daerah saya kira lebih kepada terkena dampak hal itu,” tambahnya.

Diketahui, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka Inflasi di Kota Bandung pada 2022 lalu naik di atas rata-rata nasional sebesar 7,45 persen.

Angka inflasi yang melonjak beberapa waktu lalu itu, terjadi ketika Wali Kota Bandung dijabat Yana Mulyana.

Kenaikan Inflasi tersebut, tercatat sebagai 10 kabupaten/kota yang memiliki tingkat inflasi di atas 7 persen dan menjadi tertinggi di Indonesia.

Angka inflasi Kota Bandung tersebut, juga melebih tingkat inflasi nasional yang berada pada angka 5,61 persen di akhir tahun lalu.

Kota Bandung juga mencatat laju inflasi yang terbilang cukup tinggi di Jawa Barat pada akhir tahun lalu. Tercatat laju inflasi Month ti Month (MtM) pada Desember 2022 mencapai 2,04 persen.

Peningkatan inflasi Kota Bandung hingga 7 persen itu, diakibatkan kurang terkendalinya daya beli masyarakat, melalui stabilitas harga pangan yang mengacu kepada tingkat kebutuhan.

Acu mengungkapkan, apabila melihat konsen komoditas di daerah, untuk Kota Bandung stabilitas harganya dinilai cukup terkendali.

“Bahkan kalau bicara di bulan April (2023) kemarin, inflasi Kota Bandung itu paling rendah di Jawa Barat,” ungkapnya.

Menurunnya angka inflasi terjadi saat Ema Sumarna menjabat sebagai Plh Wali Kota Bandung, hingga Kota Kembang diketahui dari data month to month terbaru per hari, inflasi berada di angka 0,32 persen.

Karenannya, meski posisi wali kota tengah kosong, dari sudut roda perekonomian loka, Bandung mengalami perkembangan ketika Ema menjadi Plh Walkot Bandung.

“Perkembangan terlalu signifikan sih tidak, tapi menurut saya ada perubahan positif, dari stabilitas harga, pertumbuhan,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan