Tahap Awal PPDB, Sebanyak 47.500 Calon Siswa SMA, SMK, SLB di Jabar Sudah Daftar

JABAR EKSPRES – 47.500 calon peserta didik SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar), tercatat Dinas Pendidikan (Disdik) telah melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik (PPDB) di pembukaan tahap awal tahun ajaran 2023/2024.

Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya menyebutkan bahwa puluhan ribu calon siswa tersebut daftar melalui sistem online yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

BACA JUGA: Kantongi Identitas Pelaku Penganiayaan Anggota TNI di Gerlong Bandung, Polisi: Kita Kejar Terus!

“PPDB Alhamdulillah hari ini sudah mulai daru tanggal 6 – 10 (Juni) ditahap satu. Dari sisi pendaftar per sekarang, itu di 47.500 sudah daftar dan insyaallah akan terus bertambah karena kita lakukan secara online,” ujarnya saat ditemui di Gedung Bappeda Jabar, Kota Bandung, Selasa (6/6/2023).

Pendaftaran PPDB di hari pertama untuk tahap awal ini, Wahyu menyebut semua sistem sudah berjalan dengan baik meskipun ada beberapa kendala.

“Tapi bisa kita handel segera, tetapi secara keseluruhan berjalan lancar dan orang tidak terkendala untuk melakukan pendaftarannya,” katanya.

Wahyu menambahkan, untuk ditahap pertama ini ada sekitar 50 persen yang dibuka untuk melakukan pendaftaran memulai sistem afirmasi, jalur prestasi, hingga perpindahan orang tua.

“Untuk tahap satu ini 25 persen melalui prestasi dan itu bisa prestasi nilai rapor bisa juga olahraga dan lain-lain, 20 persennya afirmasi disitu ada keluarga ekonomi tidak mampu dan kondisi tertentu seperti terjadi bencana dan yang lainnya, dan 5 persen perpindahan tugas (orang tua) Jadi untuk ditahap pertama ada 50 persen,” ucapnya.

Sementara untuk sistem zonasi, Wahyu menuturkan bahwa pendaftaran akan dibuka ditahap kedua yakni di tanggal 26 hingga 30 Juni 2023.

“Itu di 50 persen (kuota yang disediakan). Nah untuk sekolah-sekolah yang hari initidak penuh di tahap pertama, kita akan limpahkan di tahap kedua. Jadi zonasi itu, bisa lebih dari 50 persen tetapi jika di tahap pertamanya tidak penuh,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan