Kontroversi Pendaki Malaysia yang Diselamatkan Sherpa di Gunung Everest

Kronologi Penyelamatan Pendaki Malaysia di Gunung Everest

Kronologi penyelamatan pendaki Malaysia tersebut dimulai pada tanggal 18 Mei 2023, ketika Gelje Sherpa sedang memandu kliennya dari Tiongkok menuju puncak Everest.

Saat itulah dia melihat Ravichandran, pendaki asal Malaysia, dalam keadaan terjepit dan menggigil karena suhu yang bisa turun hingga minus 30 derajat Celsius.

“Kami tidak dapat membawa pendaki tersebut dengan menggunakan tandu, sehingga kami harus memikulnya,” ungkap sosok Gelje Sherpa tersebut.

Dia menceritakan bahwa dia harus menarik Ravichandran, pendaki asal Malaysia, sejauh 600 meter (1.900 kaki) dari area Balcony ke South Col dalam waktu sekitar enam jam.

South Col sendiri adalah sebuah lembah yang terletak di antara puncak Everest dan Lho La Pass di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Lembah ini merupakan kamp tingkat tinggi yang sering digunakan oleh para pendaki dalam pendakian menuju puncak Everest.

Setelah berjuang sendirian dalam penyelamatan tersebut, Gelje akhirnya mendapatkan bantuan dari seorang pemandu lain yang berada di South Col, yaitu Nima Tashi Sherpa.

“Kami membungkus pendaki dengan tikar tidur. Di sana kami mulai dari menarik hingga memikul bahkan menggendong pendaki tersebut untuk memindahkannya ke kamp III.” kata salah satu Gelje dilansir dari Youtube Reuters, Senin (01/6).

Meskipun menghadapi tantangan, akhirnya sebuah helikopter melintas dengan membawa tali panjang untuk mengangkat pendaki yang dalam kondisi kritis dari Camp III ke Base Camp.

Kedua pendaki asal Nepal ini memutuskan untuk membatalkan pendakian mereka ke puncak Everest, karena menyelamatkan nyawa pendaki tersebut menjadi prioritas utama.

Hal ini terlihat dari tindakan Gelje Sherpa yang meyakinkan kliennya dari Tiongkok untuk menghentikan pendakian ke puncak dan fokus pada penyelamatan pendaki Malaysia yang membutuhkan bantuan.

“Uang dapat diperoleh kapan saja, tetapi nyawa seseorang tidak dapat dikembalikan,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan