Wow! Ada 10 Geopark Indonesia yang Diakui Dunia, Penasaran Dimana Saja?

JABAR EKSPRES – Kamu sudah tahu belum ada 10 Geopark Indonesia yang telah diakui oleh dunia? Disini aku bakal kasih tahu kamu dimana saja tempat geopark yang sudah diakui dunia.

Melansir dari indonesiabaik.id menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), geopark atau geological park adalah kawasan yang memiliki keunikan geologi.

Baca juga: Mau Liat 350 Ekor Binatang? Ini Dia Wisata Bandung Lembang Park & Zoo yang Wajib Dikunjungi Bermain Bersama Anak!

Keunikan tersebut mencakup nilai arkeologi, ekologi, dan budaya dengan mengikutsertakan masyarakat setempat untuk berperan melindungi warisan alam.

Selain itu, legitimasi dari UNESCO ini akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Khususnya terhadap keberlanjutan pelestarian potensi (keanekaragaman hayati dan keragaman budaya) yang ada di dalam masing-masing geopark.

Berikut 10 Geopark Indonesia yang Diakui Dunia:

  1. Batur – Bali (2012)

Danau Batur termasuk jenis danau kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.050 meter diatas permukaan laut (dpl).

Secara geografis, Danau Batur terletak pada posisi 115o 22’42,3″ – 115o 25’33,0″ Bujur Timur dan 8o 13′ 24,0″ – 8o 17’13,3″ Lintang Selatan.

Luas permukaan air danau adalah 16,05 km2, dengan volume air 815,38 juta m3 dan kedalaman rata-rata 50,8 m.

 

  1. Gunung Sewu – Yogyakarta (2015)

Pegunungan Sewu adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di sepanjang pantai selatan Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, kapur menjadi ciri khas dari pegunungan ini.

Pegunungan ini memiliki bentang alam kawasan karst yang sangat unik, hal tersebut dicirikan dengan adanya fenomena di permukaan (eksokarst) dan bawah permukaan (endokarst).

Fenomena permukaan meliputi bentukan positif, seperti perbukitan karst yang jumlahnya ± 40.000 bukit yang berbentuk kerucut.

 

  1. Ciletuh – Jawa Barat (2018)

Geopark Ciletuh adalah wisata mancanegara yang terletak di Kota Sukabumi, Kecamatan Ciemas, Jawa Barat.

Termasuk dalam UNESCO Global Geopark, keindahan wisata ini tepat berada di Desa Kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi.

Pengunjung perlu menempuh sekitar 71 km untuk menuju Geopark Ciletuh via jalur Sukabumi. Jalan alternatif via Cikadang menempuh waktu lebih singkat, yakni 33 km.

Tinggalkan Balasan