8 Jajanan Olahan Aci Paling Enak di Bandung, Nagih Banget!

  1. Cireng
8 Jajanan Olahan Aci yang Paling Enak di Bandung, Nagih Banget!
Foto: Cookpad/ririndeeby

Cireng menjadi jajanan olahan aci paling legendaris di Bandung. Cireng merupakan singakatan dari ‘aci digoreng’. Selain cara membuatnya yang mudah, saat ini cireng memiliki berbagai varian isi yang sangat lezat. Kamu bisa menemukan penjual cireng berbagai macam bentuk dan isian seperti daging ayam, daging sapi, kornet, bakso, dan lainnya.

Biasanya, makanan ringan ini sering ditemui di sekitar area sekolah, pasar, dan pinggir jalan. Sesuai dengan namanya, cara untuk membuatnya adalah dengan menggoreng campuran adonan yang terbuat dari bahan utama tepung aci.

  1. Cibay
aci bandung
Cookpad/buleg_darmi

Hidangan Cibay cukup terbilang baru dalam klan jajanan olahan aci terenak di Bandung. Cibay adalah singkatan dari ‘aci ngambay’ atau aci yang menjuntai. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang dan air lalu aduk hingga mengental.

Kemudian aci yang sudah mengentak itu sedikit demi sedikit diambil menggunakan sendok dan dibalut dengan kulit lumpia. Setelah adonan selesai dibalut, kamu bisa menggorengnya di minyak panas. Tak hanya isian adonan aci saja, kamu juga bisa menambahkan berbagai toping ke dalam adonan aci cibay agar lebih lezat, seperti daun bawang, daging ayam, sosis, dan lainnya.

  1. Cilung
jajanan olahan aci bandung
Cookpad/ras_nusmama

Selanjutnya, salah satu jajanan olahan aci paling enak di Bandung adalah cilung atau aci digulung yang sering dijual dengan harga Rp1.000 per tusuknya. Pedagang cilung ini umumnya menawarkan varian rasa tepung bawang, ada yang original dan juga yang pedas.

Cilung punya tekstur yang kenyal, namun bedanya terkadang bahan adonan ini disajikan bersama campuran telur, digulung, kemudian digoreng. Rasanya yang lezat dijamin akan menggoyangkan lidahmu.

  1. Cirambay
cirambay
Cookpad/azhibhakim

Cirambay dalam bahasa Sunda mempunyai arti mata yang berkaca-kaca ketika akan menangis, namun berbeda dengan nama jenis makanan olahan aci ini. Cirambay adalah singkatan dari aci ngarambay atau aci yang banyak menjuntai. Sekilas makanan ini mirip mie atau spageti, namun berbahan tepung aci dan dibentuk lebih tebal dari mi.

Tinggalkan Balasan