Jelang Liburan, Polisi Siapkan Strategi untuk Urai Kemacetan di Kawasan Jalur Wisata Lembang

JABAR EKSPRES – Jelang libur 1 Juni 2023, Polres Cimahi akan menambah personel di jalur menuju kawasan objek wisata Lembang Kabupaten Bandung Barat dan sekitarnya.

AKBP Aldi Subartano juga mengatakan terlebih saat libur panjang akhir Juni nanti, prediksi akan mengalami peningkatan jumlah wisatawan.

BACA JUGA: Dampak Baik Fenomena El Nino, Berkah Bagi Sektor Perikanan

 

“Terlebih pada libur panjang 29 Juni mendatang, kami memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Lembang dan sekitarnya,” ujar Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono, Selasa (30/5/2023).

Pihaknya akan berupaya keras mengurai titik kemacetan yang biasa terjadi di jalur menuju objek wisata.

Penebalan personel juga ditempatkan di titik-titik trouble spot atau kawasan rawan kemacetan. Seperti di sekitar The Great Asia Africa (TGAA), Simpang Betrix dan asar Panorama Lembang.

“Tempat-tempat wisata yang ada di wilayah hukum Polres Cimahi ini seperti di Lembang biasanya dipadati oleh wisatawan. Kami sudah menyiapkan langkah-langkah atau strategi seperti penebalan personel serta rekayasa lalu lintas one way atau buka tutup,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau pengemudi kendaraan besar agar tidak memasuki jalur-jalur sempit yang menyebabkan pelambatan arus lalu lintas, hingga menimbulkan kemacetan.

“Kami mengimbau kepada pengendara bus atau kendaraan truk bertonase besar agar tidak memasuki jalan-jalan kecil. Kami juga nanti akan menempatkan personel di persimpangan jalan sehingga bisa menghalau bus atau kendaraan besar yang akan masuk jalur-jalur kecil,” kata Aldi.

Tepat sebulan lalu, pada 29 April 2023, libur akhir pekan disebut gelombang kedua liburan usai cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah yang berakhir pada Selasa (25/4/2023). Sementara pada Kamis 29 Juni mendatang merupakan libur panjang Idul Adha.

“Kami akan melakukan Cara Bertindak (CB) one way untuk melancarkan arus lalu lintas. Ada sekitar 23 ribu kendaraan masuk dari Bandung dan 19 ribu kendaraan masuk dari Subang ke Lembang. Naiknya sekitar 35 persen pada libur panjang akhir bulan lalu,” katanya. (MG6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan