Cek Penerima Bansos 2023 Terbaru dengan HP Secara Online

JABAREKSPRES – Batuan sosial (bansos) resmi dari pemerintah Indonesia memang banyak jenis bantuannya. Pada umumnya bantuan sosial hadir untuk masyarakat yang termasuk ke dalam

kategori kelompok miskin dan rentan. Dengan adanya bansos tentu diharapkan akan memberikan bantuan untuk menopang hidup. Satu di antaranya banyaknya program bantuan sosial yaitu

Program Keluarga Harapan (PKH). Bansos PKH pun kemudian terbagi lagi menjadi dua jenis. Jenis yang pertama yaitu berupa bantuan komponen dan bantuan tetap.

Dua kelompok menerima bantuan tetap sebesar Rp550.000 setiap keluarga per tahunnya. Kemudian PKH akses yaitu Rp1.000.000 setiap keluarga per tahunnya.

Selanjutnya yang kedua bantuan bagi keluarga PKH. Contoh, apabila ada seorang ibu hamil bahwasannya keluarga penerima PKH akan mendapatkan bantuan lagi sebesar Rp2.400.000/tahun.

Baca Juga: Inilah Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis, Bisa Dapat Ratusan Ribu!

Kemudian ada pula bantuan lain bagi siapa saja KPM yang mempunyai anak sedang mengenyam bangku SMA/SMK. Mereka akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2.000.000.

Berikutnya apabila mempunyai anak disabilitas maka akan dapat bantuan sebesar Rp2.400.000, dan untuk lanjut usia sebesar Rp2.400.000.

Lalu bagaimana supaya kita tahu bahwasannya dapat bantuan atau tidaknya? Caranya kamu bisa mengikuti di bawah ini.

Cara untuk mengecek bansos secara online ada beberapa tahapan yang mesti dilalui, inilah caranya:

– Pertama silakan kunjungi situs website resmi dari Kementerian Sosial yaitu di cekbansos.kemensos.go.id.

– Selanjutnya jika sudah berada di dalam situs website tersebut tinggal pilih datanya.

Pilih provinsi (tempat tinggal saat ini), pilih kabupaten/kota, pilih kecamatan, dan terakhir desa.

– Berikutnya isi nama penerima manfaat sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk di kolom yang sudah tersedia, jangan lupa isi juga huruf kode dengan baik dan benar.

– Apabila semua data sudah terisi dengan benar langkah terakhir yaitu klik pada tombol ‘Cari Data’

Akan muncul data diri jika kamu sebagai penerima, namun jika tidak muncul atau terdaftar maka kamu belum terdata di dalam situs website resmi pemerintah tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan