Al Masoem Jadi Tuan Rumah Seleksi O2SN Cabor Bulu Tangkis Tingkat Sumedang, 30 SMA Berpartisipasi

JABAR EKSPRES – SMA Al Masoem menjadi tuan rumah dalam seleksi kegiatan tahunan, yakni pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2023.

Seleksi O2SN 2023 cabang olahraga (Cabor) bulu tangkis tingkat Kabupaten Sumedang di SMA Al Masoem itu, sebanyak 30 sekolahan turut berpartisipasi.

Pelatih Bulu Tangkis SMA Al Masoem, Dendi Rukmana mengatakan, pada pelaksanaan seleksi O2SN, dilakukan sekaligus dalam satu hari.

BACA JUGA : Antusias Siswa SLB-D YPAC Bandung Ikuti Festival Olahraga

“Pelaksanaan hanya hari ini, kita tuan rumah untuk seleksi Cabor bulu tangkis saja,” kata Dendi kepada Jabar Ekspres di Lapang Badminton (GOR) Al Masoem, Rabu 25 Mei 2023.

Dia menjelaskan, pada seleksi O2SN Cabor Bulu Tangkis, setiap sekolahan di Kabupaten Sumedang bisa menerjunkan hingga 5 atlet untuk berkompetisi.

“Kalau kita menerjunkan 2 atlet. Dua-duanya putra,” jelas Dendi.

Diketahui, O2SN merupakan program dalam pengembangan talenta bidang olahraga tingkat pelajar.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi bagian dalam kebijakan dan program dari Manajemen Talenta Nasional (MTN) serta Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), untuk melihat bibit unggul talenta pelajar bidang olahraga.

Kemendikbudristek dalam melihat bibit-bibit bertalenta itu, kemudian dilakukan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

BPTI bertugas melakukan identifikasi, pengembangan, dan aktualisasi untuk menghasilkan peserta didik berprestasi di bidang olahraga.

Dendi mengungkapkan, dalam menghadapi O2SN ini, anak didiknya di Cabor bulu tangkis sudah disiapkan dengan menjalani latihan yang lebih intens.

“Kalau untuk latihan rutin kita biasa satu pekan tiga kali. Mendekati O2SN ini kita tingkatkan intensitas latihan jadi lima kali dalam seminggu,” ungkapnya.

“Atlet yang diterjunkan mewakili SMA Al Masoem itu ada Reyhan Afriliansah, kelas 10 dan Praja Praditya, kelas 11,” pungkas Dendi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan