7 Fakta Menarik Seblak yang Belum Banyak Orang Tahu

  1. Kencur Harus Ada Sebagai Bahan Bumbu

Selain mendapatkan sensasi pedas dari cabai, Anda akan merasakan aroma yang khas di dalam kuahnya. Aroma khas tersebut disebabkan oleh penggunaan kencur di dalamnya.

BACA JUGA: 3 Seblak Enak dan Viral di Bandung yang Wajib Kamu Coba!

Kencur memegang peran penting dalam rasa khas dari hidangan ini. Ketika digabungkan dengan bawang, telur, dan cabai rawit, kuahnya menjadi semakin harum dan lezat di lidah. Tidak hanya memperkuat rasa khas, tetapi kencur juga telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti halnya jahe, kencur juga dapat membantu meredakan batuk, sakit perut, peradangan, dan mencegah kanker. Sebuah hidangan seblak tidak akan lengkap jika tidak memasukkan bahan kencur ke dalam bumbunya.

  1. Ada Versi Kering dan Basah

Jajanan khas Bandung ini terkenal dengan kuah pedas yang hangat dengan aroma kencur. Namun, jika Anda tidak terlalu menyukai makanan berkuah, Anda dapat memilih varian lainnya, yaitu seblak kering alias tanpa kuah. Secara dasarnya, bahan-bahan yang digunakan dalam kedua varian ini sama. Perbedaannya hanya terletak pada teknik memasaknya, di mana seblak kering dimasak hingga airnya habis dan bumbu meresap sepenuhnya.

7 Fakta Menarik Seblak yang Belum Banyak Orang Tahu
sumber: cookpad/mulyaasih92
  1. Toping makin beragam

Apabila sebelumnya seblak hanya terdiri dari kerupuk basah, kol, dan telur orak-arik, situasinya berbeda pada saat ini. Seakan tidak ingin tertinggal dengan perkembangan zaman, seiring berjalannya waktu, topping pada seblak semakin berlimpah dan beragam.

Di beberapa tempat makan, seblak disajikan dengan menambahkan bahan-bahan dari mancanegara. Bahan-bahan tersebut seperti dumpling, crab stick, jamur enoki, dan lainnya.

Untuk bahan lokal biasanya diberi tambahan ceker ayam, dada ayam, cilok, sayuran, dan berbagai jenis makanan laut, bahkan ada yang menambahkan keju mozzarella di atasnya. Ragam isi seblak yang dapat dipilih sesuai keinginan membuat seblak semakin populer di kalangan banyak orang, terutama di kalangan anak muda.

  1. Mirip Makanan Jadul Asal Jawa Tengah

Hampir semua orang pasti sudah mengenal seblak sebagai salah satu makanan jajanan yang terkenal dari Kota Kembang, Bandung. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa pada tahun 1940-an sudah ada makanan yang sangat mirip dengan seblak, yaitu krupuk godog yang berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah. Namun bedanya, krupuk godog tak menambahkan kencur sebagai bahan bumubunya seperti seblak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan