Ratusan Calon Haji RI Kloter Pertama, Ikuti One Stop Service!

JABAR EKSPRES – Ratusan jamaah calon haji (JCH) Indonesia kloter pertama, sudah mulai berdatangan ke Embarkasi Jakarta yang berlokasi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, untuk mengikuti one stop service.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) sekaligus Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag), Cecep Khairul Anwar memaparkan, pihaknya bertanggung jawab penuh atas JCH dari Embarkasi Jakarta.

“Penerimaan JCH pada hari ini, berarti pihak kami siap untuk bertanggung jawab penuh atas JCH yang rencananya akan diberangkatkan dari Embarkasi Jakarta,” ujaranya pada acara penerimaan JCH di Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5).

Selain itu, Cecep mengungkapkan, jumlah jamaah calon haji kloter pertama ini berjumlah 393 orang.

Jamaah tersebut, terdiri atas 165 jamaah laki-laki dan 220 jamaah perempuan.

Baca juga: Liburan ke Kuala Lumpur? Cek Itinerary Traveling 3 Hari ke Kuala Lumpur di Sini!

Selanjutnya, terdapat delapan petugas ibadah haji.

Cecep juga mengatakan, usia CJH kloter pertama yang termuda adalah 24 tahun sebanyak satu orang.

Terdapat pula jamaah tertua yang berusia 82 tahun sebanyak dua orang.

“Hari ini sudah masuk sebanyak jumlah tersebut. Insya Allah akan berangkat malam ini pada pukul 19.00 WIB,” ujarnya.

Pihaknya menyatakan, Embarkasi Jakarta sudah menyesuaikan dengan standar bandara internasional. Baik dari segi kenyamanan, maupun  imigrasinya.

“Maka, pihak kami meminta maaf apabila ada panitia yang agak galak. Sebab, pengantar dari calon jamaah haji tidak boleh lagi menengok,” ungkapnya.

Cecep memberikan pesan kepada seluruh JCH agar selalu menjaga kekompakkan antarjamaah.

Selanjutnya, pihaknya juga mengimbau untuk selalu menjaga kesehatan, tetap mengikuti arahan petugas ibadah haji, dan berniat untuk menjadi calon haji yang mabrur.

One Stop Service

Sebelum keberangkatan, PPIH memberikan pelayanan berupa one stop service.

One stop service merupakan pelayanan kepada jamaah berupa penyerahan tas bagasi dan kabin kepada petugas PPIH, memberikan label pada tas kabin, dan pemeriksaan akhir kesehatan JCH di embarkasi.

Selain itu, one stop service meliputi penyerahan gelang identitas, paspor, visa, boarding pass, lembar tanda terima, dan penyerahan biaya hidup selama di Tanah Suci.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan