Kabid PHU Jabar: Kloter Pertama Haji Tahun ini Berangkat 24 Mei 2023

JABAR EKSPRES – Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Kemenag Jabar) menyebut keberangkatan haji  kloter pertama tahun 2023 akan dilaksanakan pada 24 Mei 2023.

 

Maka dari itu, untuk jamaah haji asal Jabar, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Jabar, Boy Hari Novian mengaku bahwa pada Selasa, 23 Mei 2023, untuk kloter pertama akan mulai masuk ke asrama haji

BACA JUGA: Jorok! Tumpukan Sampah Dibiarkan Menggunung di Kantor Pemda Bandung Barat

“Kloter pertama itu tanggal 23 Mei 2023 masuk asrama, 24 Mei 2023 baru take off (terbang) Itu seluruh Indonesia,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin, 22 Mei 2023.

 

Boy mengungkapkan, untuk kloter pertama yang berangkat pada tanggal 24 Mei 2023 nanti, sebelumnya akan berada di asrama haji terlebih dahulu yang berlokasi di Bekasi.

 

“Karena kita ada dua sekarang (emberkasi haji), JKS asrama haji Bekasi dan asrama haji asrama Indramayu. Tapi kalau yang di asrama haji Indramayu, itu berangkatnya dari Bandara internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, tanggal 27 Mei 2023 masuk asrama. Tapi kalau yang di asrama haji Bekasi itu tanggal 23 Mei 2023 kloter pertamanya,” katanya.

 

Untuk persiapan keberangkatan jamaah haji khususnya dari Jabar, Boy mengaku bahwa sudah 100 persen siap.

“Alhamdulillah kami sudah siap semua, kemarin juga rapat koordinasi untuk yang wilayah BIJB Kertajati di asrama haji Indramayu. Kita sudah rapat koordinasi bersama bersama stakeholder yang berkaitan dengan pemberangkatan haji mulai dari imigrasi, bea cukai, KKP,  polres dan polres setempat, serta kodim,” ujarnya.

 

Adapun jumlah jamaah yang akan berangkat di tahun 2023 ini, ia menyebut ada sekitar 38.723 orang. Bahkan Boy mengaku, pihaknya juga akan memberikan perlakuan khusus kepada para jamaah yang berada di lanjut usia (lansia).

 

“Jadi untuk jemaah haji lansia, itu sekitar 30 persen (dari total keseluruhan jamaah asal Jabar. Jadi yang dimaksud lansia itu di atas usia 70 sampai 80 tahun, dan jamaah  haji yang berusia 80 tahun ke atas itu sekitar 1.800 jiwa dari 38.723 total keseluruhan khusus Jawa Barat,” ungkapnya.

 

Maka dengan adanya perlakuan khusus kepada para jamaah haji lansia, Boy mengimbau kepada pihak keluarga inti agar tidak khawatir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan