BPNT Mei –Juni 2023 akan Segera Cair? Cek Informasinya

JABAREKSPRES – BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) untuk bulan Mei-Juni 2023 akan dicairkan melalui kartu KKS. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan bagi KPM yang terdaftar di DTKS Kemensos.

Informasi terbaru mengenai pencairan bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Mei-Juni 2023 menunjukkan bahwa para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masih menunggu pencairan tersebut.

Pencairan BPNT dilakukan secara bertahap, dan tidak semua daerah menerima dana tersebut secara bersamaan.

Kemungkinan saat ini pemerintah sedang melakukan proses transfer dana ke Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) KPM.

Pencairan BPNT dilakukan melalui bank-bank himbara seperti BRI, Mandiri, BNI, dan BSI. Oleh karena itu, para KPM perlu bersabar jika dana bantuan sosial Kemensos tersebut belum cair.

BACA JUGA: Bantuan Pinjaman KUR Mandiri 2023 hingga 500juta

Berdasarkan informasi dari @infoBantuanPemerintah, pencairan dana BPNT PKH 2023 biasanya terjadi pada akhir Mei, awal Juni, atau pertengahan Juni 2023.

Kabar gembira bagi pemegang KKS yang menggunakan bank BRI, karena bank tersebut akan menjadi yang pertama melakukan pencairan.

Setelah itu, pencairan akan dilanjutkan oleh Bank Mandiri dan kemudian BNI.

Pencairan Bantuan PKH tahap 2 dan BPNT trimester ke-2 masih berlangsung secara bertahap. PKH tahap 2 dapat ditarik melalui bank himbara dengan menggunakan kartu KKS, sedangkan melalui PT Pos Indonesia juga terus disalurkan.

Pencairan BPNT melalui kartu KKS dan PT Pos berbeda karena melalui KKS akan disalurkan per 2 bulan, misalnya BPNT Januari-Februari dengan nominal Rp400.000 dan seterusnya.

Sementara melalui PT Pos, pencairan dilakukan per 3 bulan, seperti Januari, Februari, dan Maret dengan nominal Rp600.000.

BACA JUGA: Sudah Cair! Segera Cek Bantuan PIP Kemendikbud 2023 untuk Siswa SD Hingga SMA, Cukup Login ke Link Ini

Perbedaan periode pencairan BPNT melalui PT Pos Indonesia dan KKS disesuaikan dengan perhitungan dan kesepakatan pemerintah dengan lembaga pembayaran serta mempertimbangkan kondisi wilayah dan KPM.

Terdapat laporan dari seorang KPM BPNT yang telah menerima bantuan BPNT sebanyak 3 kali di tahun 2023.

Mereka mengambil bantuan sebesar Rp400.000 dan menggunakan uang tersebut untuk membeli beras 20 kilogram.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan