Maknai Harkitnas, Hengky Kurniawan: Penting untuk Generasi Pemuda!

JABAR EKSPRES – Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyatakan peran pemuda dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) sangat berkaitan, terutama dalam membawa perubahan yang esensial di daerah.

“Pentingnya hari kebangkitan nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei untuk generasi pemuda,” ujar Hengky di Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 20 Mei 2023.

Hengky mengatakan, peringatan Harkitnas di tahun ini mengusung tema “Semangat untuk Bangkit”.

Baca Juga: Buka Melebihi Jam Operasional, Polresta Bandung Sidak Kafe di Dago Pakar

Tema tersebut mengandung pesan untuk tetap menjaga semangat persatuan dalam proses pembangunan agar bangkit bersama demi Indonesia yang lebih berjaya.

“Melalui Budi Utomo, organisasi pemuda di masa penjajahan yang bergerak di bidang ekonomi, sosial, ekonomi dan budaya. Karena itu, pemuda diharapkan menjadi faktor perubahan di daerah,” katanya.

 

Ia menambahkan, generasi penerus bangsa, harus benar-benar memahami latar belakang munculnya peristiwa yang dinilai sebagai Kebangkitan Nasional pada 1908.

Dengan demikian, dapat memaknai dan mengantisipasi berbagai tantangan zaman. Sangat penting seluruh elemen bangsa untuk bangkit menjawab tantangan tersebut.

“Budi Utomo menjadi awal pergerakan, yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Tujuan dari Organisasi beliau adalah untuk menghimpun para pemuda Indonesia yang menempuh pendidikan di STOVIA untuk dapat berkontribusi pada kemajuan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Terlebih di usia produktif, lanjut Hengky, harus memiliki semangat untuk mewujudkan kebangkitan di berbagai sektor dengan berbagai cara.

 

“Jadi harus mampu menghasilkan berbagai gagasan yang mampu membangun, sekaligus melestarikan nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki. Anak muda Bandung Barat juga dapat membangun dari segi ekonomi,” katanya.

Namun demikian, dibutuhkan komitmen kuat dari seluruh pemuda untuk mewujudkan semangat kebangkitan nasional di berbagai bidang, terutama di tengah proses pembangunan yang menghadapi berbagai tantangan.

Dengan berbagai potensi di atas, berbagai sektor pembangunan bisa segera dimanfaatkan sebagai momentum kebangkitan bangsa ini.

“Dengan hari kebangkitan Nasional, kita bisa meneladani para pejuang sebagai pelopor cinta tanah air, dan sebagai tonggak kemerdekaan, karena kebangkitan para pemuda pejuang itu, bisa menjadikan semangat bagi para pejuang kemerdekaan untuk merdekanya negara Republik Indonesia, dengan merebutnya dari penjajah,” bebernya. (Mg5).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan