Elektabilitas Partai Nasdem bakal Anjlok? Ini Kata Pengamat Usai Johnny Plate Ditetapkan Tersangka

JABAREKSPRES – Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny Gerard Plate secara mengejutkan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi proyek tower Base Transceiver Station (BTS) Kemenkominfo oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan nilai kerugian negara sekira Rp 8,23 triliun.

Kasus dugaan korupsi Sekjen Partai Nasdem Johnny Plate yang juga menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) itu nilai kerugian negara mencapai Rp 8,23 triliun.

Usai ditetapkan tersangka, publik mulai mereka-reka elektabilitas Partai Nasdem di momen tahun politik saat ini. Elektabilitas partai besutan Surya Paloh itu diprediksi bakal anjlok usai Sekjen Nasdem yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) ditetapkan tersangka.

Sebagaimana kita ketahui, Partai Nasdem secara resmi mencalonkan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai presiden pada Pilpres 2024 depan. Partai Nasdem menjajaki koalisi dengan PKS dan Demokrat setelah mengusung Anies Baswedan.

Selain Anies, Ganjar Pranowo juga bakal bersaing pada Pilpres tahun depan yang diusung oleh PDIP dan berkoalisi dengan PPP. Nasdem saat ini memiliki 59 kursi DPR RI atau mencapai 10,26 persen dari total 575 anggota DPR RI periode 2019-2024.

Nasdem berhasil meraih 12,66 juta suara atau mencapai 9,05 persen secara nasional pada pemilu 2019 silam. Sayangnya, Nasdem diprediksi melorot pada pemilu 2024 usai Sekjen Johnny Plate ditetapkan sebagai tersangka.

Prediksi tersebut diungkapkan oleh pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Uang Komarudin. Ujang mengatakan, kasus korupsi yang menjerat Johnny Plate akan menimbulkan opini negatif bagi Nasdem.

Bahkan Ujang memprediksi, para pemilih akan meninggalkan Nasdem dan akan beralih ke partai lain jika kasus korupsi tersebut terus bergulir hingga mendekati hari pencoblosan yang dijadwal pada 14 Februari 2024.

“Jika kasusnya bergulir, dicicil, dan maraton sampai pendaftaran capres dan hari pencoblosan Pemilu 2024, ya Nasdem bisa turun suaranya,” kata Ujang, dilansir dari republika.co.id, Kamis 18 Mei 2023.

 

Target Partai Nasdem Urutan Kedua Pemenang Pemilu

 

Tak hanya itu, elektabilitas Nasdem kian anjlok jika Kejaksaan Agung membongkar kasus korupsi Johnny Plate jelang pencoblosan.Terlebih, apabila Kejagung membuktikan temuan aliran dana haram ke Nasdem.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan