Hari Buku Nasional, Sejarah dan Link Twibbon Untuk Meramaikan!

JABAR EKSPRES – Hari Buku Nasional jatuh pada tanggal 17 Mei. Peringatan ini diadakan sebagai bentuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca buku.

Pasalnya, di Indonesia masih terindikasi rendah budaya membaca. Sehingga, statusnya wajib untuk memperingati Hari Buku Nasional ini.

Menurut para ahli, minat membaca buku di Indonesia masih tergolong sangat rendah. Berdasarkan survei pada tahun 2016 oleh Central Connecticut State University, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara.

Tidak disangka juga bahwa UNESCO mengungkapkan presentase minat baca masyarakat Indonesia ternilai sangat rendah, terindeks hanya sebanyak 0,001 persen.

BPS merilis data pada 2020 yang menyebutkan bahwa sebesar 1,93 persen penduduk Indonesia masih buta huruf. Sekitar 5juta lebih penduduk Indonesia tidak memiliki kemampuan membaca aksara.

Maka dari itu, Hari Buku Nasional menjadi penting bagi masyarakat Indonesia untuk diperingati sebagai bentuk meningkatkan kesadaran pentingnya membaca.

Sejarah Hari Buku Nasional

Hari Buku Nasional sudah diperingati selama 21 tahun, pertama kali dirayakan sejak 17 Mei 2002. Peringatan ini dicetuskan oleh Menteri Pendidikan Abdul Malik Fadjar yang menjabat di era Kabinet Gotong Royong (2001-2004).

Rata-rata jumlah buku yang dicetak di Indonesia setiap tahun hanya mencapai 18.000 judul. Lebih rendah dibandingkan dengan Jepang dan Cina yang dapat mencapai 40ribu hingga 140ribu judul buku.

Pada tanggal 17 Mei 2002, resmi ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional. Tanggal ini ditentukan karena bertepatan dengan tanggal berdirinya Perpusnas Republik Indonesia pada tahun 1980.

Bagaimana Cara Merayakan Hari Buku Nasional?

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk merayakan atau memperingati pentingnya membaca bagi seluruh masyarakat Indonesia:

  • Melakukan kunjungan ke perpustakaan-perpustakaan, kota maupun nasional;
  • Memberikan donasi buku yang masih layak baca ke perpustakaan lokal, sekolah, taman baca, atau lembaga-lembaga yang bersangkutan;
  • Ikut Meramaikan di media sosial dengan mengunggah gambar atau pesan yang memberikan dukungan terhadap pentingnya membaca buku

Bisa juga ikut meramaikan dengan memasang Twibbon pada foto profil media sosial agar terlihat lebih menarik. Berikut ini merupakan beberapa link Twibbon menarik yang dapat digunakan untuk meramaikan Hari Buku Nasional:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan