Pendaftaran PPDB 2023/2024 Segera Dibuka! Bisa Melalui Aplikasi Sapa Warga

JABAR EKKSPRES – Tahap pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 untuk tingkat SMA, AMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) akan segera dilaksanakan pada tanggal 6 – 10 Juni 2023.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Wahyu Mijaya menjelaskan, PPDB kali ini masih tetap menggunakan Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) dan Peraturan Gubernur (Pergub) yang sama dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Miris! Bangunan Ambruk, Puluhan Siswa SDN Sukamulya Terpaksa Ujian Sekolah di Teras Rumah Warga

“Untuk PPDB 2023 kita masih menggunakan Permendikbud yang sama 1 2021, kemudian juga Pergubnya tetap menggunakan yang sama jadi tidak ada perubahan,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa 16 Mei 2023.

Meski begitu, untuk sistem pendaftarannya, menurut Wahyu pihaknya telah meningkatkan versi. Ia menjelaskan, versi tersebut pada pendaftaran sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui Web PPDB, namun kali ini bisa diakses di Wab Disdik.

“Jadi karena menggunakan web Disdik jadi di situ bisa mulai mencari informasi, daftar, pengaduan, semuanya ada di situ, termasuk misalnya mau sanggah terhadap verifikasi, itu semuanya ada di situ,” ucapnya

Selain itu, dengan hasil evaluasi PPDB tahun kemarin masyarakat lebih banyak mengakses mengunakan handphone, Wahyu menyebutkan untuk tahun ini pihaknya telah berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jabar.

“Karena tahun kemarin juga pengguna handphone sangat banyak sekitar 80 persen, maka setelah hasil evaluasi kita sekarang kerjasama dengan Diskominfo untuk menggabungkan (pendaftaran PPDB) dengan aplikasi sampa warga,” ungkapnya

“Jadi nanti masyarakat bisa mengakses informasi sampai ke pendaftaran itu melalui sapa warga (aplikasi),” sambungnya
Akan tetapi, Wahyu menuturkan pendaftaran PPDB mengunakan aplikasi sapa warga hanya dapat dilakukan di tahap kedua.

“Untuk yang sapa warga pendaftaran dan proses lainnya, itu di tahap 2. Karen, tahap 1 kita masih lebih menggunakan yang di web Disdik,” pungkasnya

Untuk diketahui, PPDB tahun ajaran 2023/2024 tingkat SMA, SMK, dan SLB di Jabar akan segera dibuka oleh Pemprov Jabar.

Dalam pendaftarannya, PPDB kali ini mengunakan sistem dua tahap. Untuk tahap pertama, akan diselenggarakan pada 6 – 10 Juni 2023. Sedangkan Taha kedua mulai dari tanggal 26,28, dan 30 Juni 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan