Ini yang Akan Terjadi Jika Galbay di Kredivo, Denda Besar hingga DC Datang

  1. Debt Collector Datang ke Rumah

Dikutip dari situs resmi Kredivo.com, ketika terjadi keterlambatan pembayaran, Anda akan dikenakan bunga sebesar 4% per 30 hari. Selain itu, ada juga biaya keterlambatan sebesar 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang lewat jatuh tempo.

Apabila Anda tidak membayar tagihan pada tanggal jatuh tempo, akun Anda akan diblokir hingga seluruh tagihan dilunasi. Kemungkinan besar jika ak kunjung membayar dalam jangka waktu tertentu, Kredivo akan memerintahkan pihak ketiga untuk mendatangi alamat Anda dan melakukan tagihan sesuai dengan nominal, bunga dan denda yang berlaku saat itu.

BACA JUGA: Risiko Galbay di Pinjol Adakami dan Keluhan Konsumen Soal Cara Penagihan DC yang Kasar

Galbay di aplikasi Pinjol manapun termasuk kredivo memiliki risiko tersendiri yang tidak bisa kita remehkan begitu saja. Ada beberapa tips agar pengguna terhindar dari Galbay di Kredivo agar tak terlilit utang yang semakin banyak.

Tips Agar Tidak Galbay di Kredivo

  1. Perhitungkan gaji dan penghasilan sebelum menggunakan Kredivo

Sebelum melakukan transaksi atau mengajukan pinjaman di Kredivo, disarankan untuk mempertimbangkan kemampuan finansial Anda terlebih dahulu. Sebagai panduan, gunakanlah aturan 30% yang direkomendasikan oleh para perencana keuangan.

Hitunglah semua tagihan Anda (termasuk tagihan Kredivo, cicilan kendaraan, KPR, dan lain-lain), dan pastikan total tagihan tersebut tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan Anda. Jika total tagihan melebihi 30%, sebaiknya tunda niat untuk mengajukan pinjaman baru dan prioritaskan untuk melunasi utang-utang terlebih dahulu.

  1. Perhatikan tenor cicilan dengan kondisi keuangan

Kredivo menyediakan opsi tenor hingga 12 bulan dengan suku bunga sebesar 2,95% per bulan, sehingga Anda dapat memilih tenor yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Apabila Anda memilih tenor pendek, maka jumlah total tagihan yang harus dibayarkan tentunya lebih sedikit, tetapi cicilan bulanan yang harus dibayarkan akan lebih besar.

Sementara itu, jika Anda memilih tenor yang lebih panjang, maka Anda akan membayar bunga yang lebih banyak, namun cicilan bulanan yang harus dibayarkan akan lebih ringan.

  1. Bayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo agar terhindar denda

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan