Asal Mula Desain Masjid Al Jabbar Terinspirasi dari Rumus Matematika? Ini Alasannya!

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat kini memiliki destinasi wisata religi baru yang megah dan eksotis yakni Masjid Al Jabbar.

Masjid ini dijuluki sebagai ‘Masjid Apung’ karena didirikan di tengah danau yang berada di lahan seluas 26 hektar di wilayah Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

Masjid ini pertama kali digagas Gubernur Ahmad Heryawan pada 2017 lalu, dan dilanjutkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang sering disapa Kang Emil. Bangunan yang diarsiteki langsung Gubernur Ridwan Kamil ini memiliki desain yang tergolong unik. Bentuk kubahnya menyerupai sisik ikan serta memiliki empat menara yang menjulang.

BACA JUGA : Ditembak Dua Kali di Perut, Habib Bahar Bawa Mobil Sendiri ke Rumah Sehat Terpadu

Penutup kubah utama menggunakan 6.136 lembar kaca. Masjid itu memiliki area parkir yang luas menyatu dengan taman atau plaza. Para pengunjung dan wisatawan yang ingin masuk ke masjid megah ini akan melewati jembatan dengan dimanjakan hiasan gemercik air mancur.

Sementara itu, area dalam masjid terbagi dua. Lantai bawah untuk jemaah pria dan lantai atas khusus untuk jemaah wanita. Untuk menambah kenyamanan jemaah, di dalam masjid dibangun pilar-pilar yang berfungsi sebagai pendingin udara serta tempat menyimpan Alquran. Konsep itu terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Al Jabbar memiliki daya tampung mencapai 50.000 jamaah jika seluruh area masjid digunakan untuk salat. Sementara untuk area dalam masjid bisa menampung 20.000 orang dan di lantai atas masjid yang dikhususkan untuk wanita bisa digunakan 2.000-3.000 orang.

Ridwan Kamil sang arsitektur menyebut desain Masjid Al Jabbar terinspirasi dari rumus matematika, Aljabar, yang sekaligus nama ilmuwan tersohor di dunia. “Matematika identik dengan Aljabar, ilmuwan matematika terkenal dunia namanya Aljabar. Kemudian Aljabar nama asmaul husna yang kita tuliskan di mihrab itu artinya agung. Kebetulan juga Aljabar juga singkatan Jawa Barat,” ungkap Kang Emil

Masjid Al Jabbar memiliki 27 pintu yang menggambarkan 27 kota kabupaten di wilayah Jawa Barat. Selain menjalankan aktivitas ibadah, masjid ini juga memiliki hal menarik lain, yang menjadikannya sebagai tempat wisata religi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan