5 Cara Meraih Kebahagiaan Menurut Stoikisme, Hidup Dijamin Tentram dan Damai

JABAR EKSPRES – Cara meraih kebahagiaan itu mudah. Setidaknya itu menurut Stoikisme. Ingin tahu caranya? Simak terus artikel ini, dong!

Suka atau tidak, kebahagiaan adalah suatu hal yang problematik. Buktinya, para pemikir besar semenjak zaman kuno sampai sekarang kerap kerepotan dalam mendefinisikan apa artinya hidup bahagia.

Patung di Yunani yang menggambarkan Stoikisme

Akan tetapi, definisi hidup bahagia itu tidak serumit seperti yang para pemikir kira, loh. Sekali lagi, setidaknya itu menurut Stoikisme.

Kenapa tidak rumit? Sebab, menurut Stoikisme, para pemikir itu hanya memikirkan apa artinya hidup bahagia, namun tidak mempraktikkannya.

Dengan kata lain, bahagia bukanlah suatu pemikiran, melainkan suatu tindakan, aksi, dan praktik. Dipikirin tapi tadi tidak dilakoni. Maklum, namanya juga pemikir.

Maka dari itu, mari kita tarik apa arti bahagia ke dalam tataran praktik. Jadi, mari kita ubah pertanyaan ‘Apa itu bahagia?’ menjadi ‘Bagaimana meraih hidup bahagia?’.

Kalau kamu pernah mendengar Albert Camus, kalau tidak maka cari saja sendiri di internet, ia pernah mengatakan bahwa kita tak akan pernah bahagia jika kita terus-menerus mencari makna kebahagiaan.

Padahal, kebahagiaan itu berada tepat di depan mata. Lagi dan lagi, setidaknya itu menurut Stoikisme.

Kendati demikian, caranya juga memang tidak mudah meski ia berada di depan hidung. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada tips dari Stoikisme yang bisa kamu tunaikan untuk meraih hidup bahagia.

Penjelasannya ada di bawah. Kalau kamu serius, pasti kamu bakal lanjut membaca. Kalau tidak, itu artinya kamu setengah-setengah dalam usaha meraih hidup bahagia.

BACA JUGA: Satu Pertanyaan yang Tak Mungkin Bisa Kamu Jawab, Jangan Sekali-kali Kamu Pikirkan

5 Tips Meraih Kebahagiaan a la Stoikisme

Setidaknya ada 5 cara yang mesti kamu lakukan agar bisa hidup bahagia menurut Stoikisme.

5 cara ini akan membantu kamu yang tengah berada dalam kebingungan dan terombang-ambing masalah kehidupan, dilansir dari Daily Stoic.

Berhenti Mengkhawatirkan Sesuatu yang Tidak Bisa Kamu Kontrol

Epictetus, salah satu tokoh Stoikisme terkenal, pernah mengatakan kunci untuk hidup bahagia adalah melepaskan atau merelakan sesuatu yang tidak bisa kamu kendalikan, segala hal yang berada di luar kendali kamu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan