Minum Susu Malam Hari Sebelum Tidur? Baik untuk Kesehatan loh

JABAR EKSPRES – Pada malam hari, sebagian besar dari kita mencari cara untuk bersantai dan mempersiapkan tubuh untuk tidur, salah satu kebiasaan yang telah dilakukan selama berabad-abad adalah minum segelas susu hangat sebelum tidur. Ternyata, ada banyak manfaat yang terkait dengan konsumsi susu pada malam hari. Dan kali ini, kita akan menjelajahi beberapa alasan mengapa minum susu sebelum tidur bisa bermanfaat bagi kesehatan kalian.

  • Sumber Nutrisi yang Baik

Susu adalah sumber nutrisi yang kaya, mengandung protein, kalsium, vitamin D, vitamin B12, riboflavin, fosfor, dan zat besi. Konsumsi susu pada malam hari memberikan kesempatan bagi tubuh kalian untuk mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Protein dalam susu juga dapat membantu dalam memperbaiki dan membangun jaringan otot.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Susu mengandung asam amino triptofan yang membantu meningkatkan produksi hormon serotonin di otak. Hormon ini kemudian dikonversi menjadi melatonin, hormon yang bertanggung jawab atas regulasi siklus tidur dan bangun. Minum susu hangat sebelum tidur dapat memberikan efek menenangkan dan membantu meningkatkan kualitas tidur kalian.

Baca Juga: 10 Menit Jadi! Resep Nasi Goreng Telur Mewah Cocok Untuk Anak Kost

  • Mengurangi Stres dan Kecemasan

Minum susu pada malam hari juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Susu mengandung kalsium, yang telah terbukti dapat memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Kalsium membantu mengatur produksi hormon stres, seperti kortisol, dan merangsang produksi hormon endorfin, yang memberikan rasa nyaman dan relaksasi.

  • Perawatan Tulang yang Baik

Kalsium dalam susu memiliki peran penting dalam kesehatan tulang. Mengonsumsi susu pada malam hari memberikan kesempatan bagi tubuh kalian untuk menyerap kalsium dengan lebih efisien, karena pada saat itu tubuh sedang dalam fase istirahat dan pemulihan. Ini dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Baca Juga: Cukup 15 Menit Beres!! Resep Mie Kuah Ayam Labu Siam

  • Meningkatkan Metabolisme

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu pada malam hari dapat membantu meningkatkan metabolisme. Kalsium dan protein dalam susu dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme basal tubuh kalian, yang berarti kalian dapat membakar kalori lebih efektif saat istirahat. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan yang sehat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan