Mengenal Burayot, Kuliner Khas Garut yang Bikin Penasaran Penonton Preman Pensiun

JABAR EKSPRES – Penonton sinetron Preman Pensiun pasti sudah tidak asing dengan istilah Burayot. Namun bagi yang bukan orang sunda khususnya Garut dan Bandung banyak yang penasaran makanan seperti apa burayot tersebut.

Karena Burayot sering kali muncul dalam sinetron tersebut. Tokoh ibu dari karakter Kang Mus diceritakan sangat menyukai makanan yang satu ini, sehingga sering kali menta dibelikan oleh Kang Mus.

Saking seringnya istilah tersebut keluar dalam sinetron tersebut membuat banyak orang penasaran dengan bentuk, rasa dan dimana membelinya.

Tak jarang wisatawan luar kota yang berkunjung ke Bandung maupun Garut sengaja mencari kuliner legendaris satu ini sekedar memuaskan rasa penasarannya, atau untuk oleh-oleh.

Burayot merupakan salah satu makanan khas dari garut selain dodol. Bentuknya sangat unik karena terbentuk dari cara pembuatannya yang juga unik.

Burayot sebenarnya merupakan istilah dari kata ngaburayot atau menggantung, karena cara pembuatannya dengan digantung.

Yakni adonan gula aren dan tepung beras yang sudah digoreng akan menggelembung seperti balon, lalu untuk meniriskan minyaknya, balon-balon ini akan digantung sehingga tercipta bentuk yang unik.

Burayot memiliki citarasa manis alami dari gula merah atau gula aren sebagai bahan dasar pembuatannya.

Kini Burayot banyak dimodifikasi dengan berbagai rasa, seperti keju, cokelat, pisang, strawberry, ataupun yang lainnya.

Untuk membeli makanan tradisional ini, bisa lengsung mendatangi pusatnya yakni lokasi dimana Burayot berasal yakni dari Leles, Kadungora, dan Wanaraja Kabupaten Garut. Sepanjang jalan dilokasi ini banyak berjajar pedagang burayot.

Harga jual dilokasi ini masih sangat murah, yakni ukuran kecil Rp. 10.000,- dan ukuran besar dijual sekitar Rp. 20.000,- perpacknya.

Namun ada juga beberapa lokasi yang menjual burayot selain tempat tersebut, yakni :

1. Toko Burayot The Legendary Cookie From Garut, Samping Racik Desa, Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.

2. Burayot Simadu Rancabango, Jl. Otista No. 182, Tarogong, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut.

3. Kue Burayot Bu Eti Mang Ojon, Pasir Teureup RT.01 RW.12, Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

4. Burayot Saboga Dan Oleh-Oleh Khas Garut, Kp. Kaum RT.01 RW.03, Salamnunggal, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan