Demi Kualitas Air Tetap Bersih, Pemkab Bogor akan Tata DAS Cisadane

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten Bogor Bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Citarum, serta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane berencana akan menata Daerah Aliran Sungai.

DAS tersebut berlokasi di Kampung Lengkong, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Pasca Rekayasa Lalin di Kebun Raya Bogor, Satlantas Prediksi Jam Padat Akhir Pekan ini, Catat Waktunya!

Pemkab Bogor pun mulai melakukan safari ke setiap kampung di wilayah tersebut untuk menampung aspirasi masyarakat setempat.

“Beberapa masukan dan aspirasi masyarakat mengenai penataan hulu sungai DAS Cisadane diserap untuk dijadikan salah satu program skala prioritas,” ujar Kepala bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kabupaten Bogor, Budi CW, Jumat 12 Mei 2023.

Nantinya aspirasi tersebut menjadi pertimbangan pemerintah yang akan menentukan ke arah mana dan bagaimana penataan DAS Cisadane itu dilakukan.

“Masukan atau aspirasi masyarakat kita catat, mudah-mudahan hulu sungai segera tertata dan bisa terwujud. Tentunya penataan hulu sungai Cisadane ini sangat penting dan harus kita laksanakan secepat mungkin,”tambahnya.

Penataan kawasan DAS Cisadane itu bertujuan untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih dan bisa digunakan oleh masyarakat.

“Untuk itu maka kita secara bersama-sama dari berbagai pihak dari pusat hingga daerah dibantu peran serta masyarakat, LSM Rekonvasi Bumi, SNV juga perusahaan-perusahaan, perlu segera menyikapinya dengan berbagai langkah yang terukur dan terencana dengan cermat agar air sungai Cisadane bisa jernih kembali,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan