Tahap Akhir Revitalisasi Masjid Agung Kota Bogor Dilanjutkan Kontraktor Asal Lubuk Linggau

JABAR EKSPRES – Proyek revitalisasi Masjid Agung Kota Bogor memasuki tahap akhir.

PT Bumi Putri Silampari asal Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan masuk menjadi pemenang lelang untuk melanjutkan pembangunan masjid yang dikerjakan sejak 2016 silam tersebut.

Diketahui, dalam laman LPSE Kota Bogor kontraktor yang beralamat di Jalan Garuda Hitam No. 03 Kelurahan Pasar Permiri Kecamatan Lubuk Linggau Barat II Kota Lubuk Linggau tersebut tercatat memberikan penawaran Rp33.123.456.789 dengan pagu Rp36.468.060.000 yang menyerap anggaran APBD Kota Bogor 2023.

Pasca proses pembangunannya yang sempat mangkrak beberapa tahun, operasional masjid ini sempat ditutup sementara sekitar enam tahun.

Sejak akhir tahun 2022 kemarin, masjid yang berada di kawasan Alun-alun Kota Bogor dan Stasiun KA Bogor itu akhirnya kembali dapat digunakan jamaah untuk beribadah, walau masih belum selesai 100 persen pembangunannya.

“Banyak yang bertanya pak wali mengapa panjang dan lama sekali pembangunannya masjidnya. Memang diawal ada beberapa persoalan terkait dengan konstruksi bangunan sehingga harus disempurnakan dan diperbaiki,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya dikutip Kamis, 11 Mei 2023.

Dalam pembangunan lanjutan ini, masuk ke dalam tahap penyempurnaan fasad dan sejumlah fasilitas penunjang. Seperti, tempat untuk membaca Al-Qur’an dan perpustakaan mini.

“Di bawah nanti Insya Allah kita rencanakan akan ada tempat untuk aktivitas bersama, ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk kajian dan lain-lain,” sebutnya.

Bima Arya meminta agar tidak ada keterlambatan pengerjaan seluruh proses agar dikerjakan secara on time atau tepat waktu.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Rena Da Frina mengatakan, saat ini masjid yang berada di jalan Nyi Raja Permas, Kecamatan Bogor Tengah itu baru memfungsikan lantai satu saja.

Sementara di lantai duanya belum dapat difungsikan bagi jamaah untuk beribadah, sebab lantainya belum terpasang granit.

“Proses finishing atau tahapan terakhir penyelesaian pembangunan Masjid Agung Kota Bogor ditargetkan selesai akhir tahun 2023,” ungkapnya.

Pada tahapan ini akan menuntaskan interior bangunan dalam masjid serta mempercantik fasad depan masjid yang akan dikoneksikan dengan Alun-alun Kota Bogor.

Tinggalkan Balasan