Bocoran Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Matematika Persamaan Variabel Aljabar dengan Kunci Jawaban

JABAR EKSPRES – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 akan dimulai pada tanggal 8 Mei 2023. Salah satu topik yang diuji di UTBK SNBT 2023 adalah penalaran matematika persamaan variabel dan aljabar yang akan kami bahas lengkap dengan kunci jawaban.

Peserta UTBK SNBT 2023 harus mengerjakan soal matematika akan diberikan waktu penalaran matematika terdiri dari 20 soal dikerjakan dalam waktu 30 menit.

Karena matematika melibatkan banyak rumus, banyak siswa yang menganggap mata pelajaran ini sulit. Namun, siswa dapat memperoleh bantuan dalam memahami materi ini dengan mempelajari contoh soal turunan fungsi aljabar.

Disarankan agar siswa mencoba mengerjakan soal terlebih dahulu sebelum melihat pembahasannya sehingga mereka dapat mengevaluasi kemampuan mereka dalam memahami materi tersebut.

Menurut informasi tentang UTBK 2023 yang diambil dari laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), materi Literasi terdiri dari tiga subtes, satu di antaranya adalah penalaran matematika.

Bocoran Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Matematika fungsi variabel dan Aljabar akan kami jelaskan lengkap beserta kunci jawaban dan pembahasannya.

BACA JUGA: Bocoran Contoh Soal dan Kunci Jawaban Matematika UTBK SNBT 2023

Tujuan dari materi ini adalah untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan informasi atau masalah yang melibatkan aspek kuantitatif.

Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Matematika Persamaan Variabel dan Aljabar

Berikut adalah kisi-kisi soal UTBK SNBT 2023 untuk membantumu mengerjakan fungsi variabel dan Aljabar.

  1. Topik: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Diberikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berikut:

x + 2y = 5

3x + 6y = 15.

Banyak solusi dari SPLDV tersebut adalah ….

  1. a) 1
  2. b) 2
  3. c) 3
  4. d) tak hingga banyak solusi
  5. e) tidak punya solusi

Pembahasan:

Contoh soal PTS kelas 10 semester 1 yang berkaitan dengan SPLDV memang terlihat agak sulit. Akan tetapi, kita bisa mengerjakannya dengan melakukan break down satu per satu:

x + 2y = 5

3x + 6y = 15

Perhatikan persamaan kedua 3x + 6y = 15. Jika persamaan tersebut dibagi 3 pada kedua ruas, maka akan diperoleh hasil berikut:

13(3x + 6y) = 13.15

x + 2y = 5 (sama dengan persamaan yang pertama)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan