12 Rumah Elit Seharga Rp 1,3 Miliar Per Unit di Pramestha Mountain City Ambruk Diduga Bermasalah dengan Izin

JABAREKSPRES – Sebanyak 12 unit rumah di Kompleks Pramestha Mountain City tiba-tiba ambruk setelah tanah tempat tinggal itu mengalami longsor.

Komplek perumah elit yang berada di Kampung Bunisari RT 06 RW 03 Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu hancur rata dengan tanah.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Jarot Prasetyo menyebutkan, belasan rumah yang ambruk tersebut berada di dua blok Komplek Pramestha Mountain City.

BACA JUGA: Omset Pedagang Anjlok Sampai 70 Persen Imbas Jalan Otista Ditutup, Wali Kota Bogor Cuma Lakukan ini!

Berdasarkan informasi dari lapangan, rumah yang berada di kompleks Pramestha Mountain City yang rusak berada di blok M sebanyak enam unit dan blok N enam unit. Total sebanyak 12 unit.

‘’Jadi peristiwa longsor itu terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak pada Minggu siang,’’ ujar Jarot kepada wartawan, Rabu, (10/5)

Menurutnya, dari hasil pengamatan kondisi rumah dibangun pada ketinggian dengan kontur lahan kemiringan 80 derajat dan sudaj menyalahi aturan.

Sementara itu, kontur tanah labil dan kuat dugaan mengalami pergerakan dan terdengar suara tembok perumahan retak.

BACA JUGA: Banjir di Dayeuhkolot Makan Korban, Ryan Hidayat Tewas Tersengat Aliran Listrik

Pada saat kejadian, ada seorang pekerja yang sedang memplester tembok bangunan. Beruntung bisa menyelamatkan diri setelah diperingatkan oleh pekerja lainnya.

“Tak berselang lama, bangunan itu roboh diikuti bangunan rumah yang lainnya,” ujarnya.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Hanya saja pihak pengembang perumahan dipastikan akan mengalami kerugian materil.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya 2 unit kendaraan milik pekerja bangunan tertimbun. Untuk jumlah kerugiannya belum dihitung,” tandasnya.

BACA JUGA: Kodim 0624 Kabupaten Bandung Siagakan Prajurit untuk Bantu Korban Banjir

Untuk diketahui Kompleks Pramestha Mountain City merupakan Kawasan perumahan elit yang diperuntukan sebagai tempat peristarahatan.

Kompleks Pramestha dibangun mulai dikembangkan pada 2020 silam oleh  PT Pramestha Mountain City dengan harga per unitnya sebesae Rp 1,3 Miliar lebih.

Kompleks Pramestha sini terbilang komplek perumahan elit dengan suasana sejuk udara pegunungan Kawasan lembang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan