Kodim 0624 Kabupaten Bandung Siagakan Prajurit untuk Bantu Korban Banjir

JABAREKSPRES – Komando Distrik Militer (Kodim 0624) Kabupaten Bandung mengunjungi para pengungsi yang terendam banjir di Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot.

Dandim 0624 Letkol Inf Hamzah Budi Susanto mengatakan, kedatangannya ini merupakan sebuah bentuk empati terhadap kondisi masyarakat di Desa Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

“Ini sebenarnya bentuk empati kita terhadap kondisi masyarakat di desa ini,’’ kata Hamzah kepada wartawan, Selasa, (9/5).

Menurutnya, berdasarkan informasi dilaporkan ada sekitar 17 Kepala Keluarga (KK) dengan 39 jiwa yang direlokasi ke balai desa untuk diamankan.

Hamzah menjelaskan jika pihaknya harus selalu merespon setiap kesulitan masyarakat. Terlebih dalam hal ini masyarakat yang terkena dampak akibat terendam banjir.

“Maka saya berusaha datang dengan Danramil. Ya paling tidak walaupun secara nominal tidak besar tapi setidaknya kita ada empati untuk memberikan sekedar bantuan untuk para pengungsi,” katanya

Pihaknya pun meminta jika saat ini personil TNI di Kodim 0624 sudah diperintahka siap siaga untuk membantu masyarakat untuk menangani bencana yang terjadi di sebagian wailayah Kabupaten Bandung.

‘’Terlebih jika nantinya terjadi curah hujan yang tinggi dan berpotensi banjir harus segera melaporkan secara intens,’’ ujar dia.

Selain itu, jajaranya di setiap Koramil di Kabupaten Bandung selalu berkordinasi dan berkomunikasi di wilayahnya masing-masing jika terjadi bencana.

‘’Kita siap jika nantinya dibutuhkan penebalan personil untuk mengamankan di sekitaran area banjir,’’ kata dia.

“Termasuk jika membutuhkan penebalan pasukan kita akan mendatangkan dari Kodim maupun koramil-koramil terdekat,” tambahnya lagi.

Adapun terkait keluhan dari para pengungsi, pihaknya menyebut jika saat ini pemerintah sudah berupaya menyediakan fasilitas-fasilitas untuk keperluan warga yang terdampak bencana banjir.

“Intinya tadi saya lihat dan tanya kan juga untuk masalah kesehatan, dokter kemudian fasilitas kesehatan sudah di dorong kesini untuk pengungsi,” sebutnya

Kemudian makan juga saya tanyakan kepada kepala desa untuk yang disini sudah dijamin oleh kepala desa.

‘’Jadi saya yakin lah mungkin masih ada kekurangan-kekurangan tapi sementara ini masih bisa diatasi,” terangnya

Pihaknya melihat, meskipun kawasan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung ini langganan banjir, namun menurutnya pemerintah sendiri tidak tinggal diam. Terlebih saat ini sudah mulai ada kolam retensi yang setidaknya banjir segera surut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan