Ingat! Tantangan Ekonomi Tiap Generasi itu Berbeda

JABAR EKSPRES – Orangtua kita pasti selalu mengingatkan untuk menyimpan uang dengan baik karena selalu teringat dengan tantangan ekonomi. Tentunya dengan banyaknya pengalaman hidup yang mereka punya, mereka ingin membagikannya kepada kita.

Tips yang mereka bagikan pun bermacam-macam, mulai dari tips karir, berjualan, hingga investasi. Tentunya semua nasihat dari orangtua memiliki tujuan yang baik agar anak yang disayanginya tidak salah langkah dalam menentukan keuangannya.

Tetapi, mereka juga harus sadar bahwa tantangan hidup di masa lalu dan masa kini sungguhlah berbeda. Di zaman orangtua dulu, terutama yang lahir pada tahun 1970 hingga 1980an bakal merasakan kejayaan andai bekerja di bidang sipil dan kontraktor karena pada tahun tersebut merupakan zaman Indonesia sedang tumbuh-tumbuhnya dalam bidang pembangunan. Hal ini membuat jurusan kuliah di bidang teknik memiliki gengsi tersendiri.

BACA JUGA: Kenapa Sih Ekonomi Indonesia Terpusat Di Pulau Jawa?

Hal ini yang membuat bekerja di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi gengsi tersendiri karena terbukti mensejahterakan karyawan pada masanya.

Namun, di zaman sekarang, bekerja di bidang BUMN dan ASN bukan menjadi primadona lagi. Hal ini dikarenakan pergeseran tren kehidupan yang mulai marak dengan teknologi. Berkembangnya smartphone dan juga internet mempermudah pergeseran ini.

Di zaman 2000-an hingga 2010-an awal, HP merupakan suatu barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang kaya saja. Tetapi, zaman kini, HP tidak bisa lagi dipandang sebelah mata dan menjadi keperluan wajib bagi setiap manusia.

Pada era saat inilah banyak muncul dan tumbuh berbagai lapangan kerja baru yang tidak terpikirkan sebelumnya akan tumbuh seperti Data Scientist/Analyst, Atlet E-Sport, Animator, Content Creator, dan pekerjaan yang berbasis internet lainnya.

BACA JUGA: 5 Tips Minjam Uang ke Aplikasi Pinjol Biar Tidak Masuk ‘Jebakan Batman’

Peluang kerja dan penghasilan yang dijanjikan di beberapa pekerjaan tersebut tentunya sangat wah dan besar. Selain itu, pekerjaan tersebut juga memiliki peluang karir yang sangat luas.

Untuk investasi, orangtua seringkali menginvestasikan uang yang mereka punya ke emas dan properti. Hal ini dikarenakan harganya yang masih murah dan masih banyak tersedia, berbeda dengan zaman sekarang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan