Contoh Soal Latihan UTBK SNBT 2023 Pemahaman Bacaan dan Menulis Beserta Kunci Jawaban

JABAR EKSPRES – Berikut informasi terkait contoh soal latihan UTBK SNBT 2023 pemahaman bacaan dan menulis beserta kunci jawabannya yang dapat kamu.

Gelombang pertama UTBK SNBT 2023 sudah dimulai sejak hari Senin, 8 Mei 2023.

Selain soal penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris, terdapat juga Tes Potensi Skolastik (TPS) yang perlu dilalui oleh peserta ujian.

TPS terbagi kedalam 4 jenis soal, diantaranya Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pemahaman Bacaan dan Menulis.

Sebagai informasi, tes TPS dilakukan guna mengukur kemampuan penalaran setiap peserta dan bagaimana mereka memecahkan masalah.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK SNBT 2023, bisa menyimak contoh soal latihan UTBK SNBT 2023 pemahaman bacaan dan menulis berikut ini.

Baca Juga: Contoh Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum UTBK SNBT 2023, Cek untuk Latihan!

(1)Limbah medis dan sampah plastik meningkat secara drastis selama pandemi Covid-19. (2)Penggunaan masker, sarung tangan, dan alat pelindung diri (APD) sekali pakai memicu peningkatan limbah dan sampah. (3)Berdasarkan data historis, sebanyak 75% masker sekali pakai dan sampah lain terkait pandemi yang akan berakhir di tempat pembuangan sampah akhir (TPA). (4)Sementara itu, sebagian lainnya mencemari lingkungan, berserakan di jalan-jalan, selokan, dan sungai. 5Perilaku masyarakat yang tidak bertanggung jawab memicu krisis lingkungan. (6)Program Lingkungan PBB United Nation Environment Programme (UNEP) menyebutkan bahwa limbah dan sampah ini tidak hanya memicu pada kerusakan lingkungan, tetapi juga merugikan sektor pariwisata dan perikanan dengan kerugian mencapai 40 miliar dolar. (7)Oleh karena itu, pemerintah ….

1. Kalimat (3) perlu disempurnakan dengan cara ….

A. Mengganti kata berdasarkan dengan berdasar
B. Menambah kata dari setelah 75%
C. Menghilangkan kata akan
D. Menghilangkan kata yang
E. Mengganti kata terkait dengan berkaitan

KUNCI JAWABAN
D. Menghilangkan kata yang

PEMBAHASAN
Hadirnya kata yang merusak struktur kalimat. Hubungan subjek dan predikat menjadi kacau karena hadirnya kata yang.

2. Kata yang harus dihilangkan pada kalimat (6) adalah ….
A. Pada
B. Hanya
C. Bahwa
D. Tetapi
E. Mencapai

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan